Pendidikan Menurut Perspektif Tokoh Filsuf Barat

  • Sari Agustiani Yayasan Incerah Rusyda Yusro
  • Abd Haris Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Rosichin Mansur Universitas Islam Malang, Indonesia
Keywords: pendidikan, filsuf barat

Abstract

Penulisan artikel ini untuk Kembali mengkaji prinsip-prinsip Pemikiran pendidikan filsuf Barat dimana berkontribusi besar pada pengembangan teori dan praktik Pendidikan. Relevansinya dalam pendidikan  diIndonesia adalah penerapan prinsip-prinsip pemikiran pendidikan filsuf barat tersebut kedalam praktik di sekolah. Pemikiran tokoh filsuf Barat dari berbagai priode penulis ungkapkan, untuk mengetahui pergerakan pemikiran filsuf barat itu sendiri terhadap dunia pendidikan. Selayaknya ucapan terima kasih disematkan kepada filsuf barat, karena dari pemikiran mereka memberikan sumbangsih yang signifikan bagi ragam  pendekatan  dalam dunia pendidikan Indonesia. Metode analisis yang digunakan dalam tulisan artikel ini adalah studi kepustakaan, yang menekankan analisis datanya pada beragam sumber literatur yang bersifat otoritatif. Ada beberapa temuan dalam tulisan artikel ini, 1) sentris pemikiran filsuf barat berporos antroposentris, 2) latar belakang filsuf menjadi penguat hadirnya masing-masing teori filsuf.3) prinsip pendidikan yang berbasiskan pada moral tidak dalam bingkai agama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Farida Isroani, Sinkretisme Dalam Tradisi Buchu Kendit Ditinjau Dari Pendidikan Islam, Jurnal Sustainable, 2022

Farida Isroani, Aktualisasi Nilai-nilai Toleransi Beragama di Sekolah Menengah Atas, Jurnal Budaya, 2021

Hanafi, Muhlis M.,. Spiritualitas dan akhlak; tafsir al-Qur’an Tematik, Lajnah Pentashihan A-Qur’an Balitbang dan diklat Kementeriaan Agama RI, Cetakan ke-1,2000

Ibnu Manzhur, Jamaluddin Abi al-Fadl Muhammad bin Makram, Lisan al-Arab, Cet. Ke-1,2003

Ibnu Qayyim al-Jauzi,Madarij as-Salikin, Juz II, Dar-Hadis, Kairo, 2003.

Imam Abu Hamid Muhammad al-Ghazali, Ihya’ Ulumuddin, Jilid IV, Dar al-Kutub al- Ilmiyah, Bierut, t.t.

I Ketut, Albert, Meneladani sikap Yohanes Paulus II dalam Menumbuhkan Budaya Perdamaian di tengan Keluarga, Jurnal Pendidikan Agama Katolik Vol.2, tahun 1,ISSN: 2085-0743, Oktober 2009

Mila, Wati, dkk, Doa dalam Perspektif Agama Buddha, ABIP: Jurnal Agama Buddha dan Ilmu Pengetahuan, Volume 08 No 1, Juli 2022

Martasudjita, Spiritualitas Damai, Yogyakarta, Penerbit Kanisius, 2008

Shihab, M. Quraish, Tafsir al-Mishbah, Lentera Hati, Volume 2, Cet. Ke-1, Jakarta, 2000.

Syeikh Muhammad Mutawalli as-Sya’rawi, Tafsir as-Sya’rawi, Jilid 3, Akhbar al Yawm,Qahirah, 1993.

Published
2023-12-31
How to Cite
Agustiani, S., Haris, A., & Mansur, R. (2023). Pendidikan Menurut Perspektif Tokoh Filsuf Barat. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 816-823. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.4219
Section
Articles