Masyarakat Madani dalam Filsafat Pendidikan Barat dan Islam

  • Syarifah Syarifah Universitas Darussalam Gontor
  • Bambang Utomo Universitas Darussalam Gontor
  • Abdul Haris Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Rosichin Mansur Universitas Islam Malang, Indonesia
Keywords: masyarakat, filsafat pendidikan barat

Abstract

Populasi keseluruhan di negara-negara Barat atau populasi keseluruhan di dunia Islam, merupakan subjek yang terus menjadi perbincangan banyak pihak. Pembicaraan mengenai gagasan ini mengalami pemulihan setelah runtuhnya Persatuan Soviet. Selain itu, masyarakat yang bijaksana dalam banyak kasus diagungkan sebagai sebuah kekhasan mendasar, namun juga memadai untuk siklus demokratisasi dan Kepastian ide. Hal ini tidak perlu lagi dibahas dalam demokratisasi. Terlepas dari kenyataan bahwa masyarakat umum sering kali berada di posisi yang berlawanan dengan kekuasaan negara dan masyarakat politik, tugas utama negara harus bersifat memaksa dengan asumsi tugas masyarakat umum berhasil dalam menjaga kebebasan dasar dan peluang individu dari masyarakat umum. Selain itu, tanpa kekuasaan negara, masyarakat umum mungkin dapat menimbulkan konflik yang penuh pertimbangan karena isu-isu etnis, ketat, dan berbasis kelas. Perlu diperhatikan bahwa masyarakat umum tidak dapat menggantikan pemerintah. Dalam situasi Indonesia, perubahan saat ini tampaknya tidak menemukan strukturnya, pengalaman pertikaian bersama yang progresif, munculnya kelompok-kelompok masyarakat tidak beradab yang berbasis sosial dan ketat yang berperan penting dalam meningkatkan meningkatnya kejahatan, mempertimbangkan kembali gagasan tentang kesamaan. masyarakat adalah percakapan yang tidak dapat diperiksa. dihindari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Busyairi, Ahmad dan Azharuddin Sahil. Tantangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: LPM UII, 2007.

Charis, Irfan dan Mohamad Nuryansah. “Pendidikan Islam Dalam Masyarakat Madani Indonesia” dalam Jurnal Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol. 7 No. 2 Desember 2015.

Esposito, John L. Islam dan Politik. terj. Joesoeb Souyb. Jakarta: Bulan Bintang, 2000.

Fauzi, A. Membangun Epistemologi Pendidikan Islam Melalui Kepemimpinan Spiritual : Suatu Telaah Diskursif. Kediri: Empirisma, 2015.

Hamim, Thoha. Islam dan Civil Society (Masyarakat Madani). Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000.

Izzah, Ismatul. “Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Masyarakat Madani” dalam Jurnal Pedagogik, Vol. 05 No. 01, Januari-Juni 2018.

Luth, Thohir. Masyarakat Madani Solusi Damai Dalam Perbedaan. Jakarta: Mediacita, 2002. Madjid, Nurcholish. Islam, Doktrin dan Peradaban; Sebuah Telaah Kritis Tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan, dan Kemodernan. Cet. IV. Jakarta: Paramadina, 2000.

Achwan, Roihan. Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam Versi Mursi dalam Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Vol. 1 Tahun 2001

Amstrong, Karen. Muhammad Prophet For Our Time. terj. Yuliani Liputo. Jakarta : Mizan, 2007.

Azizi, A. Qodri Abdillah. “Masyarakat madani Antara Cita dan Fakta: Kajian Historis-Normatif” dalam Ismail SM dan Abdullah Mukti, Pendidikan Islam, Demokratisasi dan Masyarakat Madani. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000.

Azra, Azyumardi. Menuju Masyarakat Madani, Gagasan, Fakta, dan Tantangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000

Baharuddin dkk. Dikotomi Pendidikan Islam: Historisitas dan Implikasi Pada Masyarakat Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Bellah, Robert N, Ed. Beyond Belief. New York: Harper And Row, Edisi Paperblack, 2004

Published
2023-12-31
How to Cite
Syarifah, S., Utomo, B., Haris, A., & Mansur, R. (2023). Masyarakat Madani dalam Filsafat Pendidikan Barat dan Islam. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 797-802. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.4216
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)