Implementasi dan Metodologi Pembelajaran Kitab Hadist Sunan ad-dᾹrimῙ Bagi Peserta Didik

  • Ahmad Sudianto IAIN Takengon
Keywords: metodologi, kitab, sunan, peserta didik

Abstract

Artikel ini ditulis untuk mengetahui metodologi penulisan kitab hadis Sunan ad-Dārimī.  Kitab ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari perbendaharaan kitab-kitab induk hadis. Penulisnya termasuk bagian dari penulis kitab hadis senior, muḥaddiṡ utama dan guru para penulis al-kutub al-khamsah. Namun demikian, eksistensi kitab ini dinilai belum dikenal secara luas oleh umat Islam. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka dengan metode deskriptif analitis dan pendekatan kewahyuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kitab Sunan ad-Dārimī memiliki keistimewaan dari aspek sanad, yakni derajat para periwayat hadis. Perkembangan penulisan kitab-kitab hadis tidak terlepas dari ragam corak dan cara yang digunakan oleh para penulisnya. Adanya perbedaan sistematika penyusunan yang digunakan oleh para penulis melahirkan aneka kitab hadis yang dikenal dan sampai kepada para penggunanya saat ini. Di antara jenis-jenis kitab hadis itu adalah kitab jenis sunan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-27
How to Cite
Sudianto, A. (2023). Implementasi dan Metodologi Pembelajaran Kitab Hadist Sunan ad-dᾹrimῙ Bagi Peserta Didik. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 689-697. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.4109
Section
Articles