Pengenalan Peran Gender Pada Anak Usia 4-6 Tahun di PAUD Al-Kindi Preschool Pangkalpinang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, metode, media, perilaku belajar anak, faktor penghambat, upaya pendidik dalam mengatasi hambatan, serta evaluasi yang dilakukan pendidik dalam pengenalan peran gender dalam pembelajaran pada anak usia 4-6 tahun di PAUD Al-Kindi Preschool Pangkalpinang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah 3 pendidik dan 27 anak kelas A dan kelas B. Perencanaan pembelajaran disusun pendidik cukup baik. Metode yang digunakan ada 3 yaitu pembiasaan, bercerita, dan bercakap-cakap. Media yang digunakan adalah media gambar. Perilaku belajar anak yang berubah diantaranya anak mampu mengklasifikasikan dirinya dan anak mengerti cara berpenampilan yang tepat sebagai laki-laki dan perempuan. Faktor penghambat yang dihadapi pendidik yaitu perilaku stereotype peran gender yang sudah membudaya, serta terbatasnya waktu dan media pembelajaran. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengenalan peran gender dalam pembelajaran cenderung mengacu kepada Permendikbud Nomor 146 Tahun 2013 dan secara keseluruhan sudah diterapkan dengan baik.
Downloads
References
Asmara, U Husna. (2007). Penulisan Karya Ilmiah. Pontianak: Fahruna Bahagia Pontianak
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas.
Jakarta: Depdiknas
Hurlock, Elizabeth. B. (1978). Perkembangan Anak; (Penterjemah: dr. Med. Meitasari Tjandrasa); Jakarta: Penerbit Erlangga
Hurlock, Elizabeth. B. (2007). Perkembangan Anak, Alih Bahasa: Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Penerbit Erlangga
Masitoh, dkk. (2007). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta:Universitas Terbuka Meece, Judith L. (2002). Child and Adolescent Development for Educators. New
York: McGraw-Hill
Miles, B Matthew, and A. Michael Huberman. (1994). Qualitative Data Analysis 2nd edition. United State of Amerika: Sage Publicatons, Inc.
Musfiqon, H.M. (2012). Panduan Lengkap (Metodologi Penelitian Pendidikan).
Jakarta: Prestasi Pustaka
Nawawi, Hadari (2007). Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Nazir, Moh. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
Paciorek, Karen Menke. (Editor). (2007). Annual Edition: Early Childhood Education. New York: McGraw-Hill
Papalia, Diane E, Wendkos, S, Olds, dan Feldman, R.R. (2001). Human Development. Boston: McGraw Hil
Rohman, Muhammad. (2012). Kurikulum Berkarakter: Refleksi dan Proposal Solusi Terhadap KBK dan KTSP. Jakarta: Prestasi Pustaka
Santrock, John W. (2009). Child Development. New York: McGraw-Hill.
, John W. (2004). Psikologi Pendidikan; (Penterjemah: Tri Wibowo B.S.) New York: McGraw-Hill
Schustack, Miriam W. dan Howard S. Friedman. (2006). Kepribadian: Teori Klasik dan Modern. Jakarta: Erlangga
Slavin, Robert E. (2011). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik; (Penterjemah: Marianto Samosir); Jakarta: PT Indeks
Subana, M. dan Sunarti. (2010). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.
Bandung: Pustaka Setia
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Tangyong, Agus F. dkk. (2009). Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka
Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik: Bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana
Woolfolk, Anita. (2007). Educational Psychology. United States: Pearson Education
Copyright (c) 2023 Yurinda Withasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.