Hubungan Keterampilan Dan Aktivitas Belajar Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pekanbaru
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; a) Bagaimana Hubungan Keterampilan Guru Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pekanbaru ?; b) Bagaimana Hubungan Aktivitas Belajar Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pekanbaru ?; c) Bagaimana Hubungan Keterampilan Guru Dan Aktivitas Belajar Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pekanbaru ?. Adapun Populasi dalam Penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pekanbaru yang dibatasi pada kelas VIII, sebanyak 149 siswa sedang sampelnya 38 siswa. Adapun tekhnik yang digunakan adalah tekhnik random sampling, tekhnik pengumpulan data Penelitian menggunakan menggukan angket dan dokumentasi, tekhnik analisa data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan, 1) Ada hubunga signifikan Keterampilan terhadap Hasil Belajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pekanbaru sebesar 0,760 dengan sig 0,000; 2) Ada hubunga signifikan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pekanbaru sebesar 0,768 dengan sig 0,000; 3) Ada hubunga signifikan menajemen sumber saya manusia dan Aktivitas Belajar secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pekanbaru . yang dibuktikan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dengan sumbangan hubunga variabel Keterampilan (X1) dan Aktivitas Belajar (X2) terhadap Hasil Belajar (Y) adalah sebesar 63,4%
Downloads
Copyright (c) 2023 Sunardi Sunardi, Ilyas Husti, Khairil Anwar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.