Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SDN Karangwuluh

  • Muhammad Zulfikar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Aulia Anggit Hanwita Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Aji Candra Wiguna Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Hastu Ikhsan Winantyo Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Heri Maria Zulfiati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Keywords: hasil belajar IPS, Metode Problem Solving

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Karangwuluh Temon Kulon Progo. Masalah tersebut dapat dirumuskan sebagai berikut “Bagaimanakah penerapan Metode pembelajaran Problem Solving dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Karangwuluh Temon Kulon Progo? Tujuan penelitian adalah unuk mendiskripsikan penerapan penerapan Metode pembelajaran Problem Solving dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Karangwuluh Temon Kulon Progo. Fokus dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah Penerapan Metode pembelajaran Problem Solving dan Hasil Belajar IPS. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Karangwuluh Temon Kulon Progo, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi dan Tes. Teknik Analisis  data adalah Reduksi data, Penyajian data,  Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa penerapan metode pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Karangwuluh Temon Kulon Progo.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-11
How to Cite
Zulfikar, M., Hanwita, A., Wiguna, A., Winantyo, H., & Zulfiati, H. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SDN Karangwuluh. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 413-420. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.3974
Section
Articles