Analisis Bibliometrik: Tren Realistic Mathematics Education dalam Pembelajaran Matematika di Indonesia (2012-2023)

  • Yuni Fitriyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dadan Dasari Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: realistic mathematics education; pembelajaran matemtika; bibliometrik; Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pekembangan penelitian terkait Realistic mathematics Education (RME) dalam pembelajaran matematika selama periode tahun 2012 – 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis bibliometrik. Sumber data diambil dari database Dimensions dengan kata kunci ‘Realistic Mathematics Education’ dan ‘pembelajaran matematika’. Sebanyak 358 dokumen yang terkumpul lalu disimpan dalam format RIS untuk dilengkapi dalam aplikasi Medeley. Data yang sudah dilengkapi keywords dan jurnal yang menerbitkan selanjutnya disimpan kembali dalam format RIS untuk selanjutnya dianalisis menggunakan apilkasi VOSviewer guna mendapatkan network visualization dan overlay visualization. Analisis mencatat bahwa perkembangan publikasi penelitian terkait RME dalam pembelajaran matematika di Indonesia cendrung meningkat, dengan publikasi terbanyak di tahun 2022 yaitu 75 dokumen. Jurnal yang paling banyak mempulikasikan terkait penelitian ini adalah jurnal AKSIOMA dengan total publikasi sebanyak 20 dokumen. Artikel yang ditulis oleh Seri Ningsih tahun 2014 dengan judul 'Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah' merupakan artikel dengan jumalh sitasi terbanyak yaitu 43 sitasi. Namun peneliti yang paling berpengaruh dengan mempublikasikan 4 artikel dan berkolaborasi dengan 11 penulis lainnya. Dalam analisis ini diperoleh bahwa peneliti di Indonesia memfokuskan kemampuan matematika dalam penelitian terkait RME. Analisis ini mendapatkan bahwa penggunaan etnomatematika bersama RME dalam pemeblajaran matematika masih relatif rendah dan baru, menggindikasikan potensi untuk penelitian lebih lanjut dan pengembangan yang lebih luas dalam bidang ini. Temuan ini memberikan wawasan penting untuk pengembangan lebih lanjut dalam konteks pendidikan matematika di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis kualitatif kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi pembelajaran matematika realistik. Jurnal Gantang, 3(2), 83-95. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.471
Ananda, R. (2018). Penerapan pendekatan realistics mathematics education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 125-133. https://dx.doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.39
Blum, W., & Leiß, D. (2007). Deal with modelling problems. Mathematical modelling: Education, engineering and economics-ICTMA, 12, 222. https://doi.org/10.1533/9780857099419.5.221
Bornmann, L., & Marx, W. (2015). Methods for the generation of normalized citation impact scores in bibliometrics: Which method best reflects the judgements of experts?. Journal of Informetrics, 9(2), 408-418. https://doi.org/10.1016/j.joi.2015.01.006
Chen, K. H., & Liao, P. Y. (2012). A comparative study on world university rankings: a bibliometric survey. Scientometrics, 92(1), 89-103. https://doi.org/ 10.1007/s11192-012-0724-7
den Heuvel-Panhuizen, V., & van Zanten, M. A. (2020). Realistic Mathematics Education: A brief history of a longstanding reform movement. Mediterranean Journal for Research in Mathematics Education, 17, 65-73.
Dewi, P. S., Widodo, A., Rochintaniawati, D., & Prima, E. C. (2021). Web-Based Inquiry in Science Learning: Bibliometric Analysis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 4(2), 191–203. http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v4i2.9576
Donthu, N., Kumar, S., Mukherjee, D., Pandey, N., & Lim, W. M. (2021). How to conduct a bibliometric analysis: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 133(3), 285–296. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.04.070
Ediyanto, E., Gistituati, N., Fitria, Y., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 203-209. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.325
Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14-20. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2280
Garfield, E. (2009). From The Science of Science to Scientometrics Visualizing The History of Science With Histcite Software. Journal of Informetrics, 3(3), 173–179. https://doi.org/10.1016/j.joi.2009.03.009
Guleria, D., & Kaur, G. (2021). Bibliometric analysis of ecopreneurship using VOSviewer and RStudio Bibliometrix, 1989–2019. Library Hi Tech, 39(4), 1001-1024. https://doi.org/10.1108/LHT-09-2020-0218
Hicks, D., Wouters, P., Waltman, L., De Rijcke, S., & Rafols, I. (2015). Bibliometrics: the Leiden Manifesto for research metrics. Nature, 520(7548), 429-431. https://doi.org/10.1038/520429a
Ifati, T. (2021). Pembelajaran realistic mathematics education (RME) secara daring pada materi barisan dan deret. Jurnal Guru Dikmen dan Diksus, 4(2), 137-148. http://dx.doi.org/10.47239/jgdd.v4i2.345
Moed, H. F. (2005). Statistical relationships between downloads and citations at the level of individual documents within a single journal. Journal of the American Society for Information Science and Technology, 56(10), 1088-1097. http://dx.doi.org/10.1002/asi.20200
Muhammad, I., Marchy, F., do muhamad Naser, A., & Turmudi, T. (2023). Analisis Bibliometrik: Tren Penelitian Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Di Indonesia (2017–2022). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 267-279. http://dx.doi.org/10.25273/jipm.v11i2.14085
Ningsih, S. (2014). Realistic mathematics education: model alternatif pembelajaran matematika sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73-94. http://dx.doi.org/10.18592/jpm.v1i2.97
Nopiyani, D., Turmudi, T., & Prabawanto, S. (2016). Penerapan pembelajaran matematika realistik berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 45-52. http://dx.doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.259
Nur, A. S., Sukestiyarno, Y. L., & Junaedi, I. (2019). Etnomatematika dalam perspektif problematika pembelajaran matematika: Tantangan pada siswa indigenous. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 90-96).
Orduña-Malea, E., & Costas, R. (2021). Link-based approach to study scientific software usage: The case of VOSviewer. Scientometrics, 126(9), 8153-8186. http://dx.doi.org/10.1007/s11192-021-04082-y
Phan, T. T., Do, T. T., Trinh, T. H., Tran, T., Duong, H. T., Trinh, T. P. T., Do, B. C., & Nguyen, T. T. (2022). A bibliometric review on realistic mathematics education in Scopus database between 1972-2019. European Journal of Educational Research, 11(2), 1133-1149. https://doi.org/10.12973/eu-jer.11.2.1133
Sari, P. (2017). Pemahaman konsep matematika siswa pada materi besar sudut melalui pendekatan PMRI. Jurnal Gantang, 2(1), 41-50. http://dx.doi.org/10.31629/jg.v2i1.60
Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) matematika berbasis model realistic mathematics education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59-67. http://dx.doi.org/10.31949/educatio.v5i1.56
Su, H. N., & Lee, P. C. (2010). Mapping knowledge structure by keyword co-occurrence: A first look at journal papers in Technology Foresight. scientometrics, 85(1), 65-79. https://doi.org/10.1007/s11192-010-0259-8
Syahputra, E. (2013). Peningkatan kemampuan spasial siswa melalui penerapan pembelajaran matematika realistik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). http://dx.doi.org/10.21831/cp.v3i3.1624
Van Den Heuvel-Panhuizen, M. (2003). The didactical use of models in realistic mathematics education: An example from a longitudinal trajectory on percentage. Educational studies in Mathematics, 54, 9-35.
Wahyudi, W. (2015). Pengembangan Model Realistic Mathematics Education (Rme) Dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Bagi Mahasiswa Prodi PGSD FKIP UNS Kampus Kebumen. Paedagogia, 18(2), 64-73.
Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) terhadap pemahaman konsep dan berpikir logis siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 183-193.
Yudha, R. P. (2019). The effect of learning approaches and student learning styles on Mathematical reasoning abilities. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 8(2), 10-17. http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v8i2.5344
Published
2023-12-11
How to Cite
Fitriyah, Y., & Dasari, D. (2023). Analisis Bibliometrik: Tren Realistic Mathematics Education dalam Pembelajaran Matematika di Indonesia (2012-2023). Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 469-481. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.3914
Section
Articles