Kompetensi Pengawas PAI Pada Sekolah di Kabupaten Bangka Barat

  • Hoziawati Hoziawati IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Muh Misdar IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Indah Kusuma Dewi IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
Keywords: Kompetensi, Pengawas PAI, Supervisi Akademik

Abstract

Pengawasan Pendidikan Agama Islam (PAI) menduduki peran penting dalam upaya menjamin mutu pendidikan, khususnya dalam rangka pencapaian standar nasional pendidikan. Pengawas PAI pada sekolah di Kabupaten Bangka Barat hanya satu sejak tahun 2017. Berdasarkan PMA No. 2 Tahun 2012 pengawas PAI melaksanakan tugas kepengawasan terhadap paling minimal 20 GPAI pada TK, SD, SMP, dan/atau SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kompetensi supervisi akademik pengawas PAI. Metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi telah digunakan dalam penelitian ini. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara untuk menjawab dua tujuan penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data Miles dan Hubermen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada kompetensi supervisi akademik adalah 1) Tugas dan fungsi pengawas PAI belum dilaksanakan sesuai dengan regulasi. 2) Kualifikasi pengawas PAI sudah sesuai. 3) Melalui kegiatan MGMP secara umum output GPAI sudah baik. 4) Pengawas berkontribusi dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan. 5) Dukungan pengawas kepada GPAI untuk berinovasi dan berkreasi. Kompetensi supervisi akademik pengawas PAI pada sekolah di Kabupaten Bangka Barat secara umum sudah dilaksanakan dengan baik meski banyak kekurangan dalam pelaksanaannya. Secara praktis penelitian ini memberikan gambaran tentang kendala pengawas PAI dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-11
How to Cite
Hoziawati, H., Misdar, M., & Dewi, I. (2023). Kompetensi Pengawas PAI Pada Sekolah di Kabupaten Bangka Barat. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 342-348. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.3888
Section
Articles