Aspek Kebahasaan dan Kebudayaan dalam Buku Ajar “Hayya Nata’allam al-Arabiyyah” Perspektif Thu’aimah

  • Faiza Fitria Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Anis Nurma Sabila Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Slamet Daroini Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Kebahasaan, Kebudayaan, Thu'aimah, Buku Ajar Bahasa Arab

Abstract

Dewasa ini, dunia pembelajaran bahasa Arab membutuhkan pengembangan bahan ajar yang efektif di tengah kompleksitas tantangan dalam pembelajaran Bahasa Arab di berbagai jenjang, termasuk dalam tingkat SMA/MA. Buku ajar perlu memiliki komponen materi yang ideal untuk digunakan sebagai sumber pengetahuan dan media komunikasi antar generasi. Selain komponen materi, aspek kebahasaan dan kebudayaan menjadi kunci kesuksesan pembelajaran bahasa asing di sekolah. Penelitian ini menggunakan buku ajar “"Hayya Nata'allam Al-‘Arabiyyah" Kelas XII yang didasarkan pada usaha penyusun untuk memberikan yang terbaik bagi siswa menengah atas di sekolah umum non-madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komponen buku berdasarkan perspektif Thu’aimah, serta menganalisis aspek kebahasaan dan kebudayaan dalam buku tersebut. Dengan jenis penelitian kualitatif, penelitian ini dipaparkan secara deskriptif dengan metode analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar komponen buku ajar bahasa Arab "Hayya Nata'allam Al-‘Arabiyyah" Kelas XII ini sesuai dengan kriteria bahan ajar ideal perspektif Thu’aimah. Aspek kebahasaan dan kebudayaan dalam buku ini juga terpenuhi sehingga dapat memperluas wawasan siswa dalam belajar bahasa Arab secara menyeluruh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainiy, N., & Isnainiyah. (2021). Taḥlīl al-Kitāb almadrasy limāddah al-lughah al-ʻArabīyah li-ṭullāb al-ṣaff al-Thānī min al-marḥalah al-thānawīyah mutatābiʻ min Wizārat al-Shuʼūn al-dīnīyah. Mudalla: Proceeding International Conference on Arabic Languange, 1(1), 776–789. http://prosiding.arab-um.com/index.php/mudalla/article/view/958
Amrulloh, M. A., & Hasanah, H. (2019). Analisis Kesalahan Fonologis Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Lampung Selatan. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 3(2), 209. https://doi.org/10.29240/jba.v3i2.815
Asrory, A. F., Fakhriatuz Zamani, A., & Daroini, S. (2022). Studi Kelayakan Buku Ajar Bahasa Arab Berdasarkan Standar Bsnp. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 7(2), 103–116. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v7i2.4870
Aziza, L. F., & Muliansyah, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komprehensif. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 19(1), 56–71. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2344
Bachtiar, F., Mardhi, M. R. Al, Bachtiar, M., & Syamsuddin. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Sultan Hasanuddin Limbung Gowa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan96, 9(3), 173–183. https://doi.org/10.5281/zenodo.7613727
Baihaqi, N. N. (2021). Makna Salām Dalam Al-Qur’an. Taqaddumi: Journal of Quran and Hadith Studies, 1(1), 1–24.
Dariyadi, M. W., & Feriandika, B. (2022). Hayya Nata’allam Al-’Arabiyyah: Bahasa Arab untuk SMA/SMK untuk Kelas XII (Revisi) (5 ed.). PT. Optima Intermedia.
Farhani, A. (2018). MAKNA DAN FUNGSI TASBIH (Suatu Kajian Tafsir Tematik terhadap Term al-Tasbīḥ dalam al-Qur’an). Jurnal Tafsere, 6(6), 17–40.
Fauziah, E., Fauziyyah, I., Ati, S., & Susilawati. (2021). Peran Budaya Sekolah Dalam Pendidikan Karakter Siswa SDN 3 Klangenan. Prosiding Dan Web Seminar (Webminar), 1–25.
Fitria, F. (2023). Eksplikasi Susunan Naratif oleh Andrea Hirata dalam Novel Buku Besar Peminum Kopi ( Analisis Naratologi Perspektif Gérard Genette ). 14(1), 112–127.
Hasanah, M., Mubaligh, A., Sari, R. R., Syarofah, A., & Prasetyo, A. (2021). Arabic Performance Curricullum Development: Reconstruction Based on Actfl and Douglas Brown Perspective. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 4(3), 779–801. https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v4i3.11900
Kusumaningrum, R. A. (2020). Pentingnya Mempertahankan Nilai Budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) Dalam Pendidikan Sekolah Dasar. Edusaintek : Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 7(1), 20–28. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v7i1.47
Lestari, G. (n.d.). MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM KAMUS SANTRI BARU UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT DI PONDOK A . PENDAHULUAN Akhir-akhir ini kata santri mulai viral di bumi nusantara . Melejitnya kata santri berbarengan dengan ditetapkannya tanggal 22 oktober . 7.
Moleong, L. J. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Muhtarom, Y., Suharsono, S., & Syaefudin, F. (2022). Analisis Materi Buku Ajar Bahasa Arab Sekolah Menengah Pertama Terpadu Rabbi Radiyyah Rejang Lebong. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 55–61. https://doi.org/10.35316/lahjah.v3i1.55-61
Mulhendra. (2022). Analisis Buku Ajar Bahasa Arab untuk MI / SD Islam Pustaka Imam Syafi ’ i Menurut Kriteria Rusydi Ahmad Thu ’ aimah. Jurnal Tashfiyatuna, 01(01), 56–70.
Murdiyanto, E. (2020). etode Penelitian Kualitatif: Teori dan Aplikasi Disertai Contoh Proposal. UPN Veteran Press.
Rahma, S. S., & Suwandi, S. (2021). Analisis Kelayakan Isi Dan Muatan Budaya Dalam Buku Ajar Bipa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 21(1), 13–24. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v21i1.36654
Rahmi, H., Zaher, S. A. A. A., & Daroini, S. (2022). تحليل الكتاب المدرسي للغة العربية مدرسة الثانوية الدرجة التاسعة إصدار وزارة الدين (لجمهورية إندونيسيا في عام 2019). Thariqah Ilmiah: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan dan Bahasa Arab, 10(2), 237–254.
Rofi’ah, H. (2022). Analisis Bahan Ajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Raudlatul Ulum Guyangan Pati Perspektif ‘Abdurraḥmān Al-Fawzān. Alsina : Journal of Arabic Studies, 4(1), 115–140. https://doi.org/10.21580/alsina.4.1.13139
Rohman, M. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah dalam Perspektif Kurikulum 2013 (Sebuah Tinjauan Yuridis). An-nabighoh, 20(02), 222–246.
Sabila, A. N., Muntaqim, A., & Anshory, A. (2023). Komponen dan Metode Penyusunan Kamus Hifdz Al-Mufrodat ( Menghafal Kosakata ). 14(1), 34–47.
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Srikandi, C. N. (2019). KONSTRUKSI INGATAN BUDAYA DAN IDENTITAS PAHLAWAN NASIONAL DALAM KARYA SASTRA SEBAGAI BUDAYA MATERIAL (The Construction of Cultural Memory and Identity of National Heroes in Literary Works as Material Culture). Sirok Bastra, 7(2), 207–215. https://doi.org/10.37671/sb.v7i2.184
Thu’aimah, R. A. (1985). Dalil ’Amal fi I’dad Al-Mawad At-Ta’limiyyah li Baromiji Ta’lim Al-’Arabiyyah. Jami’ah Umm Al-Quro.
Published
2023-12-11
How to Cite
Fitria, F., Sabila, A., & Daroini, S. (2023). Aspek Kebahasaan dan Kebudayaan dalam Buku Ajar “Hayya Nata’allam al-Arabiyyah” Perspektif Thu’aimah. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 389-402. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.3867
Section
Articles