Hubungan Fasilitas Belajar dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Statistik Inferensial Mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNIMED

  • Jabal Ahsan Universitas Negeri Medan
  • Danny Ajar Baskoro Universitas Negeri Medan
  • Andi Taufiq Umar Universitas Negeri Medan
Keywords: Fasilitas belajar, Hasil Belajar, statistik inferensial

Abstract

Pelnellitian ini belrtuljulan ulntulk melgeltahuli fasilitas bellajar Mata Kulliah Statistik Infelrelnsial Mahasiswa Pelndidikan Akulntansi. Ulntulk melngeltahuli adanya hulbungan yang signifikan antara fasilitas bellajar delngan hasil bellajar dalam Mata Kulliah Statistik Infelrelnsial Mahasiswa Pelndidikan Akulntansi. Popullasi dan sampell dalam pelnellitian ini adalah sellulrulh Mahasiswa Pelndidikan Akulntansi Kellas A yang belrjulmlah 28 orang. Instrulmeln pelnellitian yang digulnakan dalam pelngulmpullan data adalah dokulmeln dan kulelsionelr. Telknik analisis data yang digulnakan adalah analisis statistik delskriptif dan analisis statistik infelrelnsial. Hasil pelnellitian melnulnjulkkan bahwa telrdapat pelrbeldaan yang signifikan antara fasilitas delngan hasil bellajar Mata Kulliah Statistik Infelrelnsial Mahasiswa Pelndidikan Akulntansi. Skor Fasilitas bellajar Mahasiswa Pelndidikan Akulntansi belrada pada katelgori culkulp adalah 18 mahasiswa dan Skor hasil bellajar mahasiswa Pelndidikan Akulntansi yang belrada pada katelgori tinggi adalah 15 mahasiswa delngan n = 28 mahasiswa. Hasil analisis melnggulnakan korellasi produlct momelnt dipelrolelh rhitung = 0,430 ≥ rtabell = 0,374 telrdapat korellasi yang signifikan melskipuln korellasinya relndah dan thitulng = 2,421 ≥ ttabell = 2,056 delngan taraf signifikan 5% selhingga disimpulkan bahwa, ada hubungan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar mahasiswa. Jadi selmakin baik fasilitas bellajar, maka selmakin tinggi hasil bellajar yang dipelrolelh mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-11
How to Cite
Ahsan, J., Baskoro, D., & Umar, A. (2023). Hubungan Fasilitas Belajar dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Statistik Inferensial Mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNIMED. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 359-365. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.3851
Section
Articles