Implementasi Metode Sorogan Pada Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja

  • Muhammad Insan Jauhari IAIN SAS Bangka Belitung
Keywords: metode sorogan, pembelajaran kitab kuning

Abstract

Kitab kuning sebagai salah satu unsur mutlak dari proses belajar mengajar dipesantren sangat penting dalam membentuk kecerdasan intelektual dan moralitas kesalehan pada diri santri. Akan tetapi pada kenyataanya pada era sekarang masih banyak santri yang masih kesulitan dalam mengkaji kitab kuning, baik dari segi membaca,dan menerjemahkan, dan menafsirkanya. Sistem sorogan adalah pengajian yang merupakan permintaan dari seorang atau beberapa orang santri kepada kyainya untuk diajarkan kitab tertentu. Pengajian dengan sistem sorogan ini biasanya diberikan kepada santri-santri yang cukup maju khususnya santri yang berminat hendak menjadi kyai. sehingga terjadi interaksi langsung dan saling mengenal di antara keduanya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan jenis penelitian kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pengampu metode sorogan dan santri pondok Pesantren Al-Islam Kemuja Bangka. Selain itu subjek pendukung dalam penelitian ini antara lain pengasuh serta pengurus pondok. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Penerapan Metode Sorogan dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren A l-Islam Kemuja Bangka. Dalam menggali informasi yang diinginkan penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode sorogan yang diterapkan di Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja Bangka.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-11
How to Cite
Jauhari, M. (2023). Implementasi Metode Sorogan Pada Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 366-377. Retrieved from https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/sus/article/view/3763
Section
Articles