Analisis Model Pembelajaran Konstruktivistik Interaktif Dalam Kitab Hadis Arbain Karya Imam Nawawi

Analisis Hadis-Hadis Tarbawi

  • Adriansyah Adriansyah UIN Raden Fatah Palembang
  • Azhar Azhar UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Keywords: Pembelajaran konstruktivisme, hadis tarbawi, kitab arbain Imam Nawawi

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengkaji model pembelajaran konstruktivisme yang terdapat dalam kitab hadis Arbain karya Imam Nawawi. Nabi Muhammad SAW sebagai  pendidik  memiliki multipleapproach (pendekatan pembelajaran mencakup semua teori dalam pendekatan pembelajaran) telah mampu dan berhasil dalam mendidik sahabatnya menjadi manusia yang berkeadaban. Di antara model pembelajaran yang diterapkan Rasulullah dalam mendidik sahabatnya adalah model pembelajaran konstruktivisme. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menelusuri literatur (kajian pustaka) yang menunjang dalam kajian ini berupa buku, artikel dan referensi lain  yang relevan dengan penelitian ini. Data yang diperoleh dilakukan pemaknaan (syarah) serta menghubungkannya dengan teori yang digunakan dalam penelitian ini. Temuan dalam penelitian ini adalah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugrah, R. L., Asirin, A., Musa, F., & Tanjung, A. (2019). Islam, iman dan ihsan dalam kitab matan arba ‘in an-nawawi (studi materi pembelajaran pendidikan islam dalam perspektif hadis Nabi SAW). Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 9(2).
Fitria, R. (2017). Memahami Hermeneutika dalam Mengkaji teks Al-Qur’an. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 15(29).
Hidayat, A. (2016). Ayat al-Qur’an dan Hadis Nabi Tentang Prinsip Penyampaian Pelajaran Sesuai Kemampuan Siswa. Jurnal Penelitian, 10(1), 173–200.
Irfani, R. N. (2017). Konsep Teori Belajar Dalam Islam Perspektif Al-Quran Dan Hadits. Tarbit: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 214.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi.
Putri, R. (2021). TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISTIK. Belajar Dan Pembelajaran, 149.
Riyanto, H. Y. (2014). Paradigma Baru pembelajaran: Sebagai referensi bagi pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan berkualitas. Prenada Media.
Supardan, D. (2016). Teori dan Praktik Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Edunomic, 4(1), 1. http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/edunomic/article/view/199
Published
2023-06-30
How to Cite
Adriansyah, A., & Azhar, A. (2023). Analisis Model Pembelajaran Konstruktivistik Interaktif Dalam Kitab Hadis Arbain Karya Imam Nawawi. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(1), 108-117. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3445
Section
Articles