Efektivitas Penggunaan Wordwall Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab di MAN Kota Batu

  • Indah Rahmayanti Universitas Negeri Malang
  • Munirul Abidin UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Wordwall; media pembelajaran; Bahasa Arab

Abstract

Di era digital, kegiatan pembelajaran harus disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan informasi. Guru dituntut untuk mengembangkan media pembelajaran secara kreatif dan inovatif, termasuk dalam memberikan evaluasi terhadap materi yang telah diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan wordwall sebagai media evaluasi pembelajaran bahasa Arab di MAN Kota Batu. Metode penelitian ini merupakan kombinasi antara metode kualitatif dan kuantitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan kuesioner dan evaluasi melalui wordwall. Responden data penelitian adalah siswa kelas X MAN Kota Batu. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Dari hasil perhitungan angket terhadap 10 pertanyaan terkait keefektifan penggunaan aplikasi wordwall sebagai media evaluasi pembelajaran bahasa Arab yang diberikan peneliti kepada 60 siswa kelas X MAN Kota Batu, termasuk dalam kategori “sangat efektif”. Hal ini terlihat dari hasil yang menyatakan rata-rata skor kuesioner adalah 32,1 yang termasuk dalam kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas X MAN Kota Batu. Setelah dilakukan pengujian data dan analisis hipotesis menggunakan uji statistik pair sample test diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka hasil H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Wordwall sebagai media evaluasi efektif dalam pembelajaran bahasa Arab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’isyah, S (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Kelas III MIS Nurul Huda Mantuil Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.
Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794-5800.
Aribowo, E. K. (2021, February 03). Wordwall: Media Pembelajaran Interaktif Mulai dari Quiz, Wordsearch Hingga Anagram. Retrieved from https://www.erickunto.com/2020/11/wordwall-media-pembelajaran-interaktif.html
Auliya, A. (2021). Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Wordwall Untuk Mata Pelajaran Ipa Smp Kelas Vii (Doctoral dissertation, UIN FAS BENGKULU).
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media
Febriana, R.(2019). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh aplikasi wordwall terhadap Motivasi belajar IPA siswa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3689-3696.
Gusman, B. A., Salsabila, U. H., Giardi, L. Y., & Fadhila, V. (2021). Efektivitas Platform Wordwall Pada Pembelajaran PAI Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pada Masa Pandemi. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 11(3), 203-221.
Hasanah, Nur Aulia. (2022). Model Media Evaluasi Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Menggunakan Wordwall (Penelitian Pengembangan di SMA Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta). Sarjana Thesis, Universitas Negeri Jakarta.
Nila Wati Idrus, N. W. I., Dwi Yulianti, D. Y., Ujang Suparman, U. S., & Zainal Abidin Arief, Z. A. A. (2021). Pemanfaatan media wordwall dalam peningkatan perbendaharaan kosakata (vocabulary) pada pembelajaran bahasa Inggris. Jurnal Bahasa dan Sastra, 22(2), 376-387.
Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854-2860.
Novaliendry, D. (2013). Aplikasi game geografi berbasis multimedia interaktif (studi kasus siswa kelas IX SMPN 1 RAO). Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan, 6(2), 106-118.
Wafiqni, N., & Putri, F. M. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1. Elementar (Elementary of Tarbiyah): Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 68-83.
Published
2023-12-11
How to Cite
Rahmayanti, I., & Abidin, M. (2023). Efektivitas Penggunaan Wordwall Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab di MAN Kota Batu. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 349-358. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.3413
Section
Articles