Manajemen Supervisi Pendidikan

  • Muh Hizbul Muflihin UIN Prof. Saefuddin Zuhri Purwokerto
Keywords: Supervisi, kepala sekolah, mutu pembelajaran

Abstract

Kepala sekolah sebagai pucuk pimpinan kedudukannya menjadi sangat strategis bagi terwujudnya  sekolah yang berkualitas, apalagi perannya sebagai supervisor.  Supervisi sebagai salah satu tugas kepala sekolah. perlu dilakukan untuk tujuan mengawasi, mengevaluasi kinerja, membimbing, serta memotivasi tenaga pendidik untuk senantiasa mampu melakukan perbaikan, menjaga mutu dan pengembangan proses pembelajaran yang lebih baik. Hal ini artinya maju tidaknya suatu lembaga pendidikan ditentukan oleh peran kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya sebagai supervisor. Supervisi pendidikan selayaknya dilakukan atas dasar kerjasama, partisipasi dan kolaborasi bukan karena paksaan, sehingga guru akan rela menerima saran dan pendapat serta masukan dari supervisor untuk perbaikan proses pembelajaran. Supervisi yang berikan oleh kepala sekolah selain dapat  membantu guru dalam menciptakan situasi dan iklim pembelajaran yang bermutu, juga dapat  membantu anak dalam mencapai kedewasaannya; yaitu membuat anak didik sanggup mengambil keputusan sendiri dan bertanggung jawab sendiri. Untuk mewujudkan hal dimaksud, maka supervisi tidak bisa dilaksanakan tanpa perencanaan dan pemilihan pendekatan yang tepat  dan tanpa didasarkan prakiraan manfaat yang dapat diambil oleh guru atau tenaga kependidikan lainnya. 

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-05
How to Cite
Muflihin, M. (2022). Manajemen Supervisi Pendidikan. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 447 - 456. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.3195
Section
Articles