Implementasi Reading Guide Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan strategi panduan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V. Mengingat populasi dalam penelitian ini kurang dari 100 orang maka peneliti mengambil 100% dari populasi. Jadi penelitian ini merupakan penelitian populasi. Dalam penelitian ini, pengumpulan data menggunakan wawancara untuk mengetahui penggunaan strategi panduan membaca, angket untuk mengetahui pengaruh strategi panduan membaca dan penggunaan raport untuk mengetahui prestasi belajar. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh strategi panduan membaca terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia, dengan hasil sebesar 0,590. Dimana nilai signifikansi lebih besar dari “r” tabel, baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%.
Downloads
Copyright (c) 2022 Sahri Nova Yoga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.