Teknik Coaching Untuk Memahami Karakteristik Siswa Dalam Kurikulum Merdeka Belajar

  • Adi Kusumardi Institut Agama Islam Negeri IAIN SAS Babel
Keywords: teknik coaching, karakteristik siswa, gaya belajar

Abstract

Penulisan artike lini bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada para pembaca bagaimana penerapan teknik coaching dalam Pendidikan untuk memahami karakteristik siswa agar dapat memaksimalkan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif  (studi litelatur ) data diperoleh dari berbagai referensi baik buku, jurnal yang relevan dan fenomenologi.  Hasil penelitian menggambarkan bahwa, penerapan teknik coaching yang efektif diterapkan adalah: (1) Coaching presence; (2) Active listening; (3) Powerful questioning. Penerapan kompetensi teknik coaching yang benar dapat memahami karakteristik gaya belajar siswa, seperti; gaya belajar visual (belajar dengan cara melihat),  gaya belajar auditori ( gaya belajar dengan kemampuan mendengarkan) dan gaya belajar kinestetik (gaya belajar dengan praktik). Guru dapat membuat media pembelajaran yang lebih bervariasi dan mengembangkan  metode serta strategi pembelajaran yang lebih efektif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa pemahaman terhadap karakteristik siswa baik dari kecerdasan maupun gaya belajar yang beragam dapat menumbuhkan perasaan nyaman untuk belajar di sekolah. Pembelajaran tidak dapat berjalan dengan baik bila menggunakan teknik  atau  konsep samarata, karena siswa memiliki karakteristik yang beragam. Penerapan teknik coaching akan meningkatkan keberhasilan ketercapaian tujuan pembelajaran  tanpa harus memberikan tekanan kepada siswa. Pada kondisi ini, pembelajaran akan berjalan secara alami kodratnya para siswa sehingga tujuan dari pembelajaran akan mudah tercapai dan menguntungkan guru serta siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alannasir, W. (2020). Characteristic-based development students aspect. International Journal of Asian Education, 1(1), 29–36.

Andriani, A., & Muntohar, M. (2022). PROBLEMATIKA PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK. CV. Pena Persada.

Ardipal, A. (2006). Gaya Belajar Kesenian Peserta Didik di SMA Pertiwi 1 Padang yang Melaksanakan Kurikulum 2004.

BARU, A. (n.d.). PENGEMBANGAN SISTEM PENDIDIKAN.

Dewi, D. P. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa berdasarkan Gaya Belajar Visual pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII Mts. Hidayatul Mubtadiin.

FRISTIANNISA, F. H., & ADIA, V. R. (2022). Efektivitas Coaching Online atau daring pada Peserta Pelatihan Dasar CPNS Golongan II di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian.

Ghozali, M. I., & Zamroni, Z. (2022). Al-Ghazali dan Pendidikan Akhlak. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 277–284.

Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. (2020). Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. MANAZHIM, 2(1), 105–117.

Hashim, D. A., & Nor, M. Y. M. (2019). Tahap kepimpinan coaching guru besar dan kesediaan guru dalam pelaksanaan pembelajaran abad ke-21 di sekolah rendah. International Journal of Education and Pedagogy, 1(1), 50–71.

Herlina, E., Gatriyani, N. P., Galugu, N. S., Rizqi, V., Mayasari, N., Nurlaila, Q., Rahmi, H., Cahyati, A., Azis, D. A., & Saswati, R. (2022). Strategi Pembelajaran. TOHAR MEDIA.

Hermawan, A. (2014). Mengetahui Karakteristik Peserta Didik untuk Memaksimalkan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 14–25.

Husain, W., & Masri, S. (2018). Penerapan Teknik Coaching dalam Meningkatkan Communication Skills Peserta Coaching Class Creative Public Speaking. Al-MUNZIR, 11(1), 75–84.

Janawi, J. (2019). Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 68–79.

Jokky, J., & Surya, J. (2022). Coaching as A Strategy for Empowering Communication Skills in The Educational Context. International Journal of Educational Management and Innovation, 3(2), 198–209.

Magdalena, I., Asfari, A. I., Firstariza, A., & Rafiq, R. (2020). Analisis Karakter dan Perkembangan Peserta Didik. EDISI, 2(3), 302–312.

MARDIYATUN, M. (2021). Implementasi Coaching Individual Untuk Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 1(1), 46–54.

Masitoh, S., & Cahyani, F. (2020). Penerapan Sistem Among Dalam Proses Pendidikan Suatu Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 122–141.

Pasaribu, N. H. (2021). Penerapan Coaching dalam Program Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(11), 1928–1939.

Ramli, M. (2022). Konsep Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 208–220.

Sari, N. (2021). Guru yang Berwawasan Luas menjadi Pembentuk Karakter Peserta Didik.

Srivastava, A., & Thomson, S. B. (2009). Framework analysis: a qualitative methodology for applied policy research.

Suryadi, A. (2020). Pengembangan Kurikulum I. CV Jejak (Jejak Publisher).

Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.

Sutama, M. P., Patriana, W. D., Faiziyah, N., & Novitasari, M. (n.d.). DESAIN PEMBELAJARAN BERORIENTASI LITERASI NUMERASI SEKOLAH DASAR. Muhammadiyah University Press.

TEKIR, S. (2022). Coaching for Better Teaching: A Study on Student-Centered Instructional Coaching. Journal of Qualitative Research in Education, 31.

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535.

Wijayanti, M. A., Rafael, S., & Puspitawati, S. (n.d.). Paket Modul 2 Modul 2.3 Coaching.

Wu, J. (n.d.). THE PIET CREATIVE PROCESS STEP 1: Prepare (P).

Yusliza, M. Y., Afzan, N. S. A. N., Zainuddin, Z., Muhammad, Z., Saputra, J., & Moorthi, S. (n.d.). Analysing the Impact of Coaching on Teachers’ and Students’ Performance.

Published
2023-06-30
How to Cite
Kusumardi, A. (2023). Teknik Coaching Untuk Memahami Karakteristik Siswa Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Sustainable, 6(1), 11-24. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3133
Section
Articles