Penerapan Metode MDLC Pada Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

  • Gunawan Gunawan Program Studi Teknik Informatika STMIK YMI Tegal
  • Intan Mayla Faiza Program Studi Teknik Informatika STMIK YMI Tegal
  • Nugroho Adhi Santoso Program Studi Sistem Informasi STMIK YMI Tegal
  • Rifki Dwi Kurniawan Program Studi Sistem Informasi STMIK YMI Tegal
Keywords: Media Pembelajaran, IPA, Unified Modeling Language, MDLC

Abstract

Di era globalisasi ini, kemajuan teknologi berkembang dengan sangat cepat sehingga memberikan dampak yang signifikan pada semua bagian kehidupan. Pendidikan adalah salah satu bidang dimana teknologi memiliki pengaruh. Peningkatan teknologi dalam pendidikan memungkinkan pengalaman belajar yang lebih menarik dan kreatif, termasuk bahan ajar. Namun, kurangnya media pembelajaran di kelas membuat siswa kurang mampu menyerap informasi IPA, dan siswa cepat bosan. Metode MDLC merupakan salah satu metode yang digunakan dalam pengembangan ataupun pembuatan aplikasi. Menggunakan pendekatan pemrograman berorientasi objek yaitu UML (Unified Modeling Language) sebagai alat bantu perancangan dan Microsoft Visio sebagai alat merancang. Dengan perancangan aplikasi media pembelajaran IPA ini diharapkan siswa mendapat media baru yang nantinya akan menjadi media pembelajaran yang lebih menarik, edukatif dan interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahdan, S., Pambudi, T., Sucipto, A., & Nurhuda, Y. A. (2019). Game untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk pada Anak ( Multiple Intelligence ) Berbasis Android Game to Stimulate Children ’ s Multiple Intelligence Based on Android. November, 554–568.
Alfan, H., Wara, F. A., & Teknik, F. (2021). APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS V MENGGUNAKAN METODE MDLC (MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE) STUDI KASUS SDK MARIA FERRARI MAUMERE.
Alfarizi, S., Mulyawan, A. R., & Basri, H. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Dengan Pemanfaatan Uml ( Unified Modelling Language ) Pada Cv Harum Catering Karawang. 7(4), 27–31.
Ardjo, A. S., Kristiawan, T. A., & Nugroho, W. I. (2021). PENERAPAN TEKNOLOGI PRODUKSI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAGI PARA GURU SDN SRONDOL WETAN 01 KOTA SEMARANG. 139–147.
Azhar, N., Rukun, K., & Huda, A. (2019). Analisis Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran CD Interaktif Berbasis Multimedia Dan Modul IPA SD Kelas III di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. 2(1), 17–24.
Devega, A. T., Giatman, M., Wakhinuddin, S., Ropianto, M., Zulatama, A., & Yolanda, M. (2022). Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Sistem Peredaran Darah Manusia Berbasis Android Pada Sekolah Dasar. 8(1), 117–127.
Febriansyah, M. F., & Sumaryana, Y. (2021). Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Sekolah Dasar Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle ( MDLC ). 2, 61–68.
Hada, K. L., Agama, I., Negeri, I., Agama, I., Negeri, I., Agama, I., Negeri, I., Agama, I., & Negeri, I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Blabak Trarerodi pada Materi Geometri Transformasi : Tahap Expert Review Fitriana Ika Maulida Aisyah Susmita Dewi Checylya Kharisma Dewanti Agus Miftakus Surur Pendahuluan Media dapat diartikan secara sempit sebagai sistem pembelajaran yang. 155–178.
Ichsan, I. Z., Dewi, A. K., Hermawati, F. M., & Iriani, E. (2018). Pembelajaran IPA dan Lingkungan: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran pada SD, SMP,SMA di Tambun Selatan, Bekasi. 2, 131–140. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.682
Ilhamdi, M. L., Novita, D., & Rosyidah, A. N. K. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA SD. 1, 49–57.
Jauhari, S., Hakim, A. R., & Hamzanwadi, U. (2018). PENGEMBANGAN. IV(2), 34–40.
Kasri, M. A., Novan, Y., & Ramadhani, I. A. (2021). Penerapan Model Design Thinking pada Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macro Media Flash. 2(2).
Kusumah, R. G. T., Walid, A., Pitaloka, S., Dewi, P. S., & Agustriana, N. (2020). PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENGGOLONGAN HEWAN DI KELAS IV SD SELUMA. 11(1), 142–153.
Mewengkang, A., Manado, U. N., Tangkawarow, I. R. H., Manado, U. N., Kasehung, H., Manado, U. N., & Material, O. C. (2018). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Ekosistem Berbasis Mobile. 1(April), 27–38.
Mustika, M. (2018). RANCANG BAMGUN APLIKASI SUMSEL MUSEUM BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE PENGEMBANGAN MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE (MDLC). 8(1), 1–14.
Nata, I. K. W., Kt, D. B., & Semara, N. (2021). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. 5, 227–237.
Nurdiana, D., & Suryadi, A. (2017). PERANCANGAN GAME BUDAYAKU INDONESIAKU MENGGUNAKAN METODE MDLC. 3(September), 39–44.
Porajow, A. D., Tulenan, V., Paturusi, S. D. E., Elektro, T., Sam, U., & Manado, R. (2020). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. 15(4), 315–324.
Pramesti, D. Y., & Arifin, R. W. (2020). Metode Multimedia Development Life Cycle Pada Media Pembelajaran Pengenalan Perangkat Komputer Bagi Siswa Sekolah Dasar. 1(2), 109–122.
Prasetya, E., Sugara, A., & Pratiwi, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. 2(2), 121–126. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139
Rahmawati, D., Jannah, N., Ragil, I., & Atmojo, W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. 6(1), 1064–1074.
Shebastian, I. G. R., Putrama, I. M., & Suyasa, P. W. A. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “ PENGENALAN HEWAN DAN TUMBUHAN ” PADA MATA METODE GAMEFIKASI UNTUK SISWA KELAS II DI SEKOLAH DASAR ( STUDI KASUS : SDN 2 BATUR ). 9(Mdlc).
Sugiyanto, S., Adi Purwanto, L., & Wibowo, F. (2018). Aplikasi Media Pembelajaran IPA Kelas 2 Berbasis Mobile. 19(1), 15–22.
Utami, Y. S. (2020). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA. 2.
Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344
Wulandari, B., Ardiansyah, F., Eosina, P., & Fajri, H. (2019). Media Pembelajaran Interaktif IPA untuk Sekolah Dasar Berbasis Multimedia. 7(1), 11–19. https://doi.org/10.32832/kreatif.v7i1.2028
Published
2022-08-05
How to Cite
Gunawan, G., Faiza, I., Santoso, N., & Kurniawan, R. (2022). Penerapan Metode MDLC Pada Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Sustainable, 5(1), 201 - 210. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.3100
Section
Articles