Psikologi Komunikasi Pendidikan Sebagai Media Pembinaan Narapidana di Banyuasin

  • Karerek Karerek Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Lilis Sukmawati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Yusra Jamali Universitas Islam Negeri Ar Raniry Banda Aceh
  • Jufrizal Jufrizal Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Keywords: Psikologi Komunikasi, Pendidikan, Narapidana

Abstract

Penelitian ini berjudul “Psikologi Komunikasi Pendidikan Sebagai media Pembinaan Narapidana di Banyuasin”. Latar belakang masalah penelitian ini berkaitan dengan profil individu narapidana yang mengalami ganguan kepercayaan diri yang relative rendah seperti kurang yakin, perasaan cemas yang berlebihan, bingung, tidak bisa menyelesaikan masalahnya sendiri dan malas berfikir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui urgensi materi psikologi dan komunikasi pendidikan sebagai salah satu upaya peningkatan kepercayaan diri dalam pembinaan karir bagi narapidana. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Temuan lapangan menunjukkan bahwa psikologi komunikasi pendidikan dalam pembinaan karir dapat meningkatkan kepercayaan diri narapidana menjelang bebas. Peran ini menjadi penting untuk meningkatkan kepercayaan diri narapidana menjelang bebas didukung dengan layanan yang diberikan pihak Lembaga pemasyarakatan (lapas) Klas III Banyuasin. Setelah proses psikologi komunikasi, para narapidana merasakan lebih percaya diri sendiri untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan sosial karena sudah memiliki skill yang bisa dimanfaatkan sebagai pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup tanpa harus melakukan kegiatan tindak kekerasan untuk mendapatkan uang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-24
How to Cite
Karerek, K., Sukmawati, L., Jamali, Y., & Jufrizal, J. (2022). Psikologi Komunikasi Pendidikan Sebagai Media Pembinaan Narapidana di Banyuasin. Jurnal Sustainable, 5(1), 172 - 175. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.3042
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)