Manajemen Pembelajaran Di Pesantren Dalam Meningkat Potensi Santri

Studi Kasus Di Pesantren Al-Fatah Kerinci Dan Pesantren Arafah Sungai Penuh

  • Mulya Putra Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Yudi Suorastio Universitas Isalam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Nur Azizatus Solikha Universitas Isalam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Hasimi Jafar Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: manajemen pembelajaran, pesantren, potensi santri

Abstract

Meningkatkan potensi santri bukanlah hal yang mudah akan tetapi dengan manajemen pembelajaran yang baik bisa mencitakan santri yang berkualitas. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisa data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian, manajemen pembelajaran di pondok pesantren Modern Arafah dalam sistem perencanaannya mereka sudah memakai silabus atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah ditetapkan oleh pondok pesantren, tidak hanya memperbanyak ilmu agama, akan tetapi juga dalam hal membangkitkan bakat yang dimiliki oleh para santri. Potensi yang dimiliki oleh santri di pesantren Al-Fatah Kerinci dengan Pesantren Modern Arafah Sungai Penuh Hampir sama. Namun yang paling menonjol adalah pesantren Arafah lebih menekankan dalam penggunaan bahasa asing dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan pesantren Al-Fatah lebih banyak mempelajari kitab kuning.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-04
How to Cite
Putra, M., Suorastio, Y., Solikha, N., & Jafar, H. (2021). Manajemen Pembelajaran Di Pesantren Dalam Meningkat Potensi Santri. Jurnal Sustainable, 4(1), 75 - 91. https://doi.org/10.32923/kjmp.v4i1.2960
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)