Manajemen Pembelajaran Di Pesantren Dalam Meningkat Potensi Santri
Studi Kasus Di Pesantren Al-Fatah Kerinci Dan Pesantren Arafah Sungai Penuh
Abstract
Meningkatkan potensi santri bukanlah hal yang mudah akan tetapi dengan manajemen pembelajaran yang baik bisa mencitakan santri yang berkualitas. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisa data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian, manajemen pembelajaran di pondok pesantren Modern Arafah dalam sistem perencanaannya mereka sudah memakai silabus atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah ditetapkan oleh pondok pesantren, tidak hanya memperbanyak ilmu agama, akan tetapi juga dalam hal membangkitkan bakat yang dimiliki oleh para santri. Potensi yang dimiliki oleh santri di pesantren Al-Fatah Kerinci dengan Pesantren Modern Arafah Sungai Penuh Hampir sama. Namun yang paling menonjol adalah pesantren Arafah lebih menekankan dalam penggunaan bahasa asing dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan pesantren Al-Fatah lebih banyak mempelajari kitab kuning.
Downloads
Copyright (c) 2022 Mulya Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.