Penerapan Strategi Scaffolding Pada Pembelajaran Fiqih Di Era Pasca Pandemi Covid-19

  • Amran Fauzi Universitas Lampung
  • Herpratiwi Herpratiwi Universitas Lampung
  • Riswandi Riswandi Universitas Lampung
Keywords: Scaffolding; pembelajaran; fiqih; covid-19

Abstract

Guru merupakan salah satu komponen yang sangat berpengaruh pada proses pembelajaran, karena guru memegang peranan yang sangat penting antara lain menyiapkan materi, menyampaikan materi, serta mengatur semua kegiatan belajar mengajar dalam proses pembelajaran. Dalam rangka memaksimalkan kemampuan siswa dalam belajar, dibutuhkan berbagai upaya yang harus dilakukan. Pendekatan atau strategi pembelajaran mempunyai andil dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk memahami suatu konsep, dengan kolaborasi penggunaan media pembelajaran dan pendekatan yang tepat maka diharapkan siswa dapat menyerap konsep-konsep tersebut. Memaksimalkan kemampuan tersebut, mereka membutuhkan bantuan dari orang dewasa, dalam hal ini adalah guru. Namun, bantuan atau dukungan ini tidak dapat diberikan terus-menerus. Bantuan atau dukungan ini  dikenal dengan Scaffolding. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mendiskripsikan strategi scaffolding dalam membantu siswa agar memaksimalkan kemampuannya. Metode penulisan yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasil kesimpulan penerapan strategi scaffolding pada pembelajaran Fiqih dapat membantu siswa untuk memaksimalkan kemampuannya dalam memahami materi pelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprian, R. D., Sunyono, & Efkar, T. (2017). Pengaruh Strategi Scaffolding pada Pembelajaran SiMaYang dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 6(1), 1–13.
Azizah, U., Nasrudin, H., & Mitarlis. (2019). Metacognitive Skills: A Solution in Chemistry Problem Solving. Journal of Physics: Conference Series, 1417(1).
Baber, H. (2020). Determinants of students’ perceived learning outcome and satisfaction in online learning during the pandemic of COVID19. Journal of Education and E-Learning Research, 7(3), 285–292.
Bakker, A., Smit, J., & Wegerif, R. (2015). Scaffolding and dialogic teaching in mathematics education: introduction and review. ZDM - Mathematics Education, 47(7), 1047–1065.
Bikmaz, F. H., Çelebi, Ö., Ata, A., Özer, E., Soyak, Ö., & Reçber, H. (2016). Scaffolding Strategies Applied by Student Teachers to Teach Mathematics. Educational Research Association The International Journal of Research in Teacher Education The International Journal of Research in Teacher Education, 1(1), 25–36.
Fauziyah, N., Lant, C. Le, Budayasa, I. K., & Juniati, D. (2019). Cognition processes of students with high functioning autism spectrum disorder in solving mathematical problems. International Journal of Instruction, 12(1), 457–478.
Fauziyah, N., Lant, C. Le, Budayasa, I. K., & Juniati, D. (2019). Cognition processes of students with high functioning autism spectrum disorder in solving mathematical problems. International Journal of Instruction, 12(1), 457–478.
Hamalik, O. (2018). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.
Hartono. (2008). PAIKEM Pembelajaran Aktif Inofatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Zanafa. Pekanbaru.
Kusmaryono, I., Gufron, A. M., & Rusdiantoro, A. (2020). Effectiveness of Scaffolding Strategies in Learning Against Decrease in Mathematics Anxiety Level. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 13–22.
Kusmaryono, I., Suyitno, H., & Dwidayati, N. (2020). Deconstruction Mathematics Anxiety Into Motivation To Develop Mathematical Disposition. International Journal of Science & Technology Research, 9(4), 1923–1928.
Kusmaryono, I., Suyitno, H., Dwijanto, D., & Dwidayati, N. (2018). Analysis of Abstract Reasoning from Grade 8 Students in Mathematical Problem Solving with SOLO Taxonomy Guide. Infinity Journal of Mathematics Education, 7(2), 69–82.
Maharani, I. P., & Subanji, S. (2018). Scaffolding Based on Cognitive Conflict in Correcting the Students ’ Algebra Errors. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(2), 67–74.
Mamin, R. (2008). Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding Pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur. Jurnal Chemica 10 (2): 55-60.
McLeod, S. (2010). Zone of Proximal Development. Tersedia di: http://www. simplypsychology.org/Zone-of-Proximal-Development.html. [Diakses Mei 2021].
Nursolekah, S., & Suparman. (2019). Design of mathematics learning module based on problem based learning to improve critical thinking ability students. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(12), 2608–2616.
Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding Untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 84–97.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Journal Biodik, 6(2), 109–119.
Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Shallard, S. D. (2016). Maths is challenge, struggleand mistakes will grow our brain. Victoria University of Wellington. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/0c3f/9d0a5dae841ceb8fb071a2c20fecc7a09bed.pdf
Slameto. (2018). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.
Sutiarso. (2009). ‘Scaffolding dalam Pembelajaran Fiqih’. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikandan Penerapan MIPA Fakultas MIPA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Tsankov, N. (2018). The transversal competence for problemsolving in cognitive learning. International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education (IJCRSEE), 6(3), 67–82.
Ubaidah, N., & Aminudin, M. (2019). Development of learning tools: Learning constructivist mathematics to improve creative thinking ability. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1).
Vygotsky, L. S. 1978. Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes (M.Cole, V. John-Steiner, S. Scribner, & E. Souberman, Eds.) Cambridge, MA: Harvard University Press.
Wibawa, K. A., Nusantara, T., Subanji, & Parta, I. N. (2018). Defragmentation of Student ’ s Thinking Structures in Solving Mathematical Problems based on CRA Framework. Journal of Physics: Conf. Series, 1028(12150), 1–8.
Zainuddin, N., Sahrir, M. S., Idrus, R. M., & Jaafar, M. N. (2016). Scaffolding a conceptual support for personalized arabic vocabulary learning using augmented reality (ar) enhanced flashcards. Journal of Personalized Learning, 2(1), 102–110.
Zamahsari, G. K., Roffi’uddin, A. H., & HS, W. (2019). Implementasi Scaffolding dalam Pembelajaran BIPA di Kelas Pemula. Jurnal Pendidikan, 4(1), 68–78.
Zain, A. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Published
2022-06-19
How to Cite
Fauzi, A., Herpratiwi, H., & Riswandi, R. (2022). Penerapan Strategi Scaffolding Pada Pembelajaran Fiqih Di Era Pasca Pandemi Covid-19. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 68-75. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2425
Section
Articles