Standar Pengelolaan Program Pendidikan Nonformal Dari Perspektif Akreditasi

  • Ahmad Ahmad Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Keywords: standar PNF, akreditasi, partisipatif, kolaborasi

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menjabarkan standar pengelolaan program Pendidikan Non-Formal dari perspektif akreditasi. Seperti yang kita ketahui bahwa Pendidikan nonformal adalah pendidikan yang dilaksanakan di luar jalur pendidikan formal yang berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan pelengkap pendidikan formal. Banyak program-program yang terdapat di dalamnya dan masing-masing programnya memiliki standar pengelolaannya sendiri. Standar pengelolaan dimaksudkan agar menjadi acuan dalam mengelola sebuah program dan juga sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab bagi seluruh pihak yang terlibat dalam program tersebut. Data pada penulisan artikel ini didapat dari hasil pencarian informasi yang bersifat kontekstual tanpa menggunakan struktur penelitian tertentu. Standar Nasional Pendidikan terdiri dari 8 standar yang masing-masing harus dimiliki oleh satuan program pendidikan nonformal agar satuan dan program tersebut mempunyai  sertifikasi dan juga terakreditasi baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Referensi
Afran, Muh Abbas, Anugrah Sari, N. N. (2020). Peranan Lapangan Perlembagaan Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan Dian Ayu Di Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 122–138.
Ahmad, S., & Diah, M. (2020). Strategi Pencapaian Standar Layanan Pendidikan Nonformal Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Tahdzibi, 5(1), 49–56. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.5.1.49-56
Ahmad & Ratih Permata Sari. (2021). Mengukur Performance PKBM dengan IPV : Penerapan Akreditasi dengan Sispena. Dalam Abdul Rahmat (Ed). Merdeka Belajar (hlm.23). Yogyakarta: Zahir Publishing.
Akbar, M. F., Jaya, F. H., & Duwikola, R. (2020). Pendampingan Persiapan Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Non Formal Pada Taman Kanak-Kanak Tunas Cendekia …. … Nasional Penelitian Dan …, 8, 467–474.
Anisykurillah, R. (2020). Evaluasi Pembangunan Pendidikan Keaksaraan (Studi pada Program Pendidikan Non Formal di Kota Malang) Evaluation of Literacy Education Development (Study on Non Formal Education Programs in Malang City). Jurnal Kebijakan Pembangunan, 15(1), 25–36.
Busron, Busron, and Titi Rachmi. (2020). “Analisis Capaian Standar Dan Pemanfaatan Hasil Akreditasi PAUD Provinsi Banten.” Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini 8(2):1. doi: 10.31000/ceria.v11i2.2335.
Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90

Handayani, M. (2016). Akreditasi Sma Di Provinsi Dki Jakarta Achievement of Educational National Standards Based on. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan Dan Kebudayaan, Balitbang Kemdikbud, 1, 179–202.
Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Al Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 159–181. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3729
Hidayati, L. (2020). Strategi pengendalian mutu program pendidikan nonformal dan informal pada saat pandemic covid-19. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 6(4), 151–155.
Imsiyah, N. (2016). Peranan Pendidikan Nonformal Sebagai Upaya Rehabilitasi Gelandangan Dan Pengemis Di Lingkungan Pondok Sosial Kabupaten Jember. Pancaran, Vol.5,(1), 83–94.
Kintamani, I., & Hermawan, D. (2012). The Performance Of Equality Education As A Type Of Non Formal Education. Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(September 2011), 65–84.
Kuntoro, Sodiq A. 2006. “Pendidikan Nonformal (Pnf) Bagi Pengembangan Sosial.” Jurnal Ilmiah Visi 1(2):14–18.
Provinsi Banten. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2335
Rambe, Titin Rahmayanti, and Wina Mariana Parinduri. 2020. “Peningkatan Kemampuan Menggunakan Media Internet Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Siswa Paket B Pkbm Agape Amplas.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) Al Maksum 1(1):21–24.
Renna Ethania Dewi Mahardhika Putri Soerodjo, & Yatim Riyanto. (2020). Manajemen Dalam
Akreditasi Di Satuan Pendidikan Non Formal Skb Kota Malang. 1–7. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/index Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan). https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156
RI, P. (2014). Lembaran Negara Republik Indonesia. Kemenkumham RI, 73, 1–6.
Sekretaris Negara Republik Indonesia. (n.d.). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun
2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325
Rukiyah, I. (2016). Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan Melalui Akreditasi Satuan Pendidikan. Ittihad, 14(25), 46–60. https://doi.org/10.18592/ittihad.v14i25.863
Saputro, F. C., Anggraeni, W., & Mukhlason, A. (2012). Pembuatan Dashboard
Berbasis Web Sebagai Sarana Evaluasi Diri Berkala Untuk Persiapan Penilaian Akreditasi Berdasarkan Standar Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Jurnal Teknik ITS, 1(1), A397–A402.
Sarbini, A. (2020). Internalisasi Nilai Keislaman Melalui Majelis Taklim. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 5(16), 53–70. https://doi.org/10.15575/idajhs.v5i16.355
Saugi, W., & Sumarno, S. (2015). Pemberdayaan perempuan melalui pelatihan pengolahan bahan pangan lokal. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 226. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i2.6361
Setiyadi, B., Segara, R. M., & Sinambela, R. H. (2020). Prosedur Dan Tata Kerja Pendidikan Non Formal Procedure and Working Procedure of Non-Formal Education. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 12–19.
Subijanto & Siswo Wiratno. (2012). Analisis Kinerja Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah The Performance Analysis of the National Accreditation Board for School/Madrasah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(3), 310–318.
Sujanto, A. (2019). Strategi Peningkatan Mutu Manajemen Lembaga Kursus Dan Pelatihan (Lkp) Melalui Akreditasi. Infokom, 15(2), 98–108.


Sulaeman, D. (2021). Manajemen Satuan PAUD ditinjau dari Standar Pengelolaan dalam Peningkatan Mutu Kelembambagaan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 458–462. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1112
Supriono. (2008). Kebutuhan akreditasi dan sertifikasi pendidikan kesetaraan program paket c berbasis otonomi daerah. Ilmu Pendidikan, 15, 48–53. http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/11/334
Susanti, S. (2014). Meningkatkan Efektivitas Pendidikan Nonformal dyalam Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jurnal Handayani, 1(2), 9– 19.
Unit, E., & Curriculum, L. (2015). Karakteristik Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp). El-Idare: Journal of Islamic Education Management, 1(01), 15–31.
Wijoyo, H. (2020). Sosialisasi Sistem Penilaian Akreditasi (SisPenA) Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) di Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Jpm: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 7–10.

.
Published
2022-06-19
How to Cite
Ahmad, A. (2022). Standar Pengelolaan Program Pendidikan Nonformal Dari Perspektif Akreditasi. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 42-49. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2403
Section
Articles