Optimalisasi Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Sejak Dini

  • Imam Hanafi Universitas Wiraraja Madura, Indonesia
Keywords: optimalisasi, kecerdasan spiritual anak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan kajian terhadap optimalisasi pengembangan kecerdasan spiritual anak sejak dini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kajian pustaka (library research). Adapun hasil kajian dari penelitian ini memberikan informasi baru dan menjelaskan salah satu potensi luar biasa yang terdapat dalam diri seorang anak yang kadang kurang, bahkan tidak tergarap dengan baik di sekolah karena selama ini sekolah hanya fokus menggarap pada ranah kognitif saja. Walaupun hanya terbatas pada ranah kecerdasan spiritual, namun dampaknya sangat luar biasa jika betul-betul digarap secara tepat dan benar oleh lembaga pendidikan baik sekolah maupun madrasah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Emmons, Roberts. 1999. The Psychology of Ultimate Concerns. New York: The Guidford Press

Budiyanti, N., Komariah, K. S., Parhan, M., Fajar, M. R., & Nugraha, R. H. (2022). Menanamkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Melalui Pendekatan “ Nurani ” Universitas Pendidikan Indonesia , Bandung , Indonesia Pendahuluan Islam sabagai agama , merupakan ajaran yang komprehensif , mengatur seluruh kehidupan yang kokoh ( Hodri , 2015. 8(1), 9–24.

Chatib, Munif. 2012. Sekolah Anak-Anak Juara Berbasis Pendidikan Jamak dan Pendidikan Berkeadilan. Bandung:Kaifa

Ginanjar, Ary Agustian. 2001. ESQ (Emotional Spiritual Quotient). Jakarta : Arga Wijaya Persada

Hamer, Dean. 2006. Gen Tuhan: Iman SudahTertanamDalam Gen Kita. Jakarta: GramediaBudiyanti, N., Komariah, K. S., Parhan, M., Fajar, M. R., & Nugraha, R. H. (2022). Menanamkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Melalui Pendekatan “ Nurani ” Universitas Pendidikan Indonesia , Bandung , Indonesia Pendahuluan Islam sabagai agama , merupakan ajaran yang komprehensif , mengatur seluruh kehidupan yang kokoh ( Hodri , 2015. 8(1), 9–24.

Hotimah, N., & Yanto, Y. (2019). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 1(2), 85–93. https://doi.org/10.31960/ijolec.v1i2.66

Indriani, F. (2015). Strategi Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers, 100–110. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/6014/9_Fitri Indriani.pdf?sequence=1

Laila, Q. (2009). Stimulasi Kecerdasan Spiritual Anak Pada Periode Pendidikan Pranatal Dalam Perspektif Islam. MUDARRISA: Journal of Islamic Education, 1(1), 47. https://doi.org/10.18326/mdr.v1i1.47-72

Mariana, N., Azis, A., & Setiawan, I. (2019). Pengembangan Kecerdasan Spritual Anak Usia Dini Melalui Homeschooling. Tarbiyah Al Aulad, 4(1), 27–44.

Permadi, K. S., Yulia, P., Dewi, A., & Sastrawan, K. B. (2020). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 179–196.

Utama, F. (2018). ESQ Way 165: Alternatif Metode Pengembangan Kecerdasan Emosi dan Spiritual Anak. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(1), 7. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.59

Pasiak, Taufik. 2012. TuhanDalamOtakManusia, Bandung:Mizan.

Suharsono. 2004. Melejitkan IQ, EQ, DAN SQ. Jakarta : InisiasiPress.

Tasmara, Toto. 2001. KecerdasanRuhaniah (Transcendental Intelligence) MembentukKepribadian Yang BertanggungJawab Profesional dan Berakhlak. Jakarta : Gema InsaniPress.

Utsman, M. Najati. 2006. Belajar EQ Dan SQ DariSunahNabi. Bandung : Hikmah.

Zohar, Danah dan Ian Marshall. 2002. SQ MemanfaatkanKecerdasan Spiritual dalamIntegralistik dan HolistikUntukMemaknaiKehidupan. Bandung : Mizan

Published
2022-06-24
How to Cite
Hanafi, I. (2022). Optimalisasi Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Sejak Dini. Jurnal Sustainable, 5(1), 153-159. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2391
Section
Articles