Al-Ghazali dan Pendidikan Akhlak

  • Muhammad Ikhsan Ghozali Universitas Negeri Yogyakarta
  • Zamroni Zamroni Universitas Negeri Yogyakarta
Keywords: Pendidikan Akhlak; Muslim; Al-Ghazali; Globalisasi

Abstract

Tulisan ini mencoba untuk sedikit mengungkap tentang pendidikan akhlak dalam perspektif Al-Ghazali. Pemikiran Al-Ghazali digunakan karena ia adalah salah satu pemikir Muslim terbesar. Banyak pakar menilai bahwa pemikiran Al-Ghazali ini memberikan pengaruh yang signifikan bagi para pemikir Muslim setelahnya, bahkan sampai sekarang.

Pemikiran Al-Ghazali tetang akhlak dan pendidikan akhlak disandarkan pada Al-Qur’an dan As-Sunnah. Dengan begitu, pandangannya tidak terlepas dari pandangannya tentang manusia yang banyak mewarnai pemikirannya dalam bidang apa pun. Meskipun sebagian bernuansa normatif, namun beberapa bagian pandangannya terlihat sangat praktis. Maka tidak mengherankan apabila pemikiran Al-Ghazali ini masih kerap digunakan dalam konteks reformasi pendidikan, khususnya di era globalisasi yang penuh tantangan seperti sekarang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-05
How to Cite
Ghozali, M., & Zamroni, Z. (2022). Al-Ghazali dan Pendidikan Akhlak. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 277 - 284. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2255
Section
Articles