Studi Literature: Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi berbasis Multimedia Interaktif pada Perguruan Tinggi

  • Marheni Marheni IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Kusnadi Kusnadi IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
Keywords: Akuntansi; Media; Multimedia; Perguruan Tinggi

Abstract

Pembelajaran merupakan proses transfer ilmu yang dilakukan oleh pendidik kepada pembelajar. Proses pembelajaran merupakan perubahan dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak mengerti menjadi mengerti akan beberapa hal. Baru-baru ini, pembelajaran dilakukan secara daring untuk meminimalisir dari penyebaran virus Covid-19. pembelajaran daring dapat menimbulkan tingkat kebosanan yang bisa dialami oleh mahasiswa di berbagai perguruan tinggi negeri. Selain itu, mahasiswa juga menganggap pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi pembelajaran seperti Zoom, Google Meeting dan sebagainya terlalu monoton, karena sebagian mahasiswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Disisi lain mahasiswa lebih banyak mendengarkan penjelasan dari dosen saja. Pembelajaran yang dilakukan seperti itu, tidaklah cukup efektif diterapkan dalam meningkatkan kemampuan kognitif mahasiswa. Dari permasalahan tersebut, penulis tertarik untuk memakai media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk memfasilitasi siswa saat pembelajaran. Media pembelajaran tersebut tidak hanya digunakan pada saat pembelajaran daring, namun bisa digunakan pada saat pembelajaran offline. Media merupakan alat yang dipakai oleh dosen untuk menyampaikan pesan kepada mahasiswa. Pesan yang dimaksudkan tersebut adalah materi mata kuliah Tujuan dari penulisan jurnal ini adalah untuk menganalisis terkait penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata kuliah akuntansi di perguruan tinggi. Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang diguanakan dalam penelitian ini. Metode penelitian yang diguanakan dalam jurnal ini adalah menggunakan studi literatur. Studi literatur yang digunakan adalah menganalisis terkait beberapa buku, beberapa jurnal, beberapa artikel, dan beberapa sumber relevan dari penelitian yang relevan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif efektif dalam memfasilitasi siswa dalam pembelajaran, khususnya pada mata kuliah akuntansi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Maryani, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Mulatimedia Interaktif Mata Kuliah Komputerisasi Akuntansi (Studi Kasus: Myob Accounting 17 Pada Modul Banking). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 65–74. https://bit.ly/3BOJzx9
Nazir, M. 2014. Metode Penelitian. Bogot: Ghalia Indonesia.
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8–18. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Riadi, R., & Ibrahim, B. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Kuliah Komputer Akuntansi. Pekbis (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis), 6(2), 105–115.
Rumetna, M. S. (2018). Pemanfaatan Cloud Computing Pada Dunia Bisnis: Studi Literatur. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(3), 305–314. https://doi.org/10.25126/jtiik.201853595
Zed, M. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Published
2022-06-19
How to Cite
Marheni, M., & Kusnadi, K. (2022). Studi Literature: Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi berbasis Multimedia Interaktif pada Perguruan Tinggi. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 50-57. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2249
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)