Upaya Guru dalam Pengelolaan Kelas untuk Meningkatkan Prestasi Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Rejang Lebong

  • Ririn Eka Monicha Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Okni Aisa Mutiara Sendi Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Idi Warsah Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Ruly Morganna Institut Agama Islam Negeri Curup
Keywords: Teacher, Classroom Management, PAI Learning Achievement

Abstract

Keberhasilan belajar peserta didik menjadi sebuah prestasi yang tak ternilai bagi seorang pendidik. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap upaya guru dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan prestasi pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Rejang Lebong. Penelitian ini megadopsi metode kualitatif. Subjek dalam penelitian yaitu guru pendidikan agama Islam yang selanjutnya diwawancara untuk mendapatkan data. Penelitian ini mendapatkan hasil akhir bahwa Upaya pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Rejang Lebong sudah terjalankan dengan mempersiapkan pembelajaran serta kegiatan pembelajaran dengan perangkat pembelajaran yang dibungkus melalui kerjasama sehingga akan terjalan dengan efisien dan efektif, dengan demikian pengelolaan kelas akan nyaman dan kondusif melalui pengaturan situasi dan kondisi yang terdapat dikelas, kemudian dari kesiapan belajar siswanya dan penataan ruangan kelas yang digunakan untuk mempermudah proses kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan prestasi pembelajaran PAI yaitu masih menggunakan metode konfensional seperti ceramah, diskusi dan tanya jawab, praktek dan pembiasaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-19
How to Cite
Monicha, R., Sendi, O., Warsah, I., & Morganna, R. (2022). Upaya Guru dalam Pengelolaan Kelas untuk Meningkatkan Prestasi Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Rejang Lebong. Jurnal Sustainable, 5(1), 1-10. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2230
Section
Articles