Pembinaan Akhlak Peserta Didik Melalui Kegiatan Kultum (Kuliah Tujuh Menit) di SD Negeri 17 Pangkalpinang

  • Siti Hawa IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Syarifah Syarifah
  • Muhamad Muhamad
Keywords: pembinaan, akhlak, kuliah 7 menit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembinaan akhlak peserta didik melalui kegiatan kultum di SD Negeri 17 Pangkalpinang, serta faktor pendukung dan penghambat pembinaan akhlak peserta didik melalui kegiatan kultum di SD Negeri 17 Pangkalpinang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu penulis menggambarkan proses pembinaan akhlak siswa melalui kegiatan kultum dengan mewawancarai guru PAI, guru kelas dan kepala sekolah SD Negeri 17 Pangkalpinang, serta dilengkapi dengan data serta dokumentasi yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan akhlak siswa melalui kegiatan kultum di SD Negeri 17 Pangkalpinang dilaksanakan dengan menerapkan enam metode: metode teladan, metode pembiasaan, metode nasehat, metode cerita, metode perumpamaan dan metode ganjaran. Upaya pembinaan akhlak melalui kultum dengan penerapan keenam metode tersebut hasilnya sudah cukup baik, dan berjalan sesuai dengan jadwal dan program yang dibuat, serta dilakukan evaluasi kegiatan dengan melihat sejauh mana perkembangan tingkah laku peserta didik setelah melaksanakan kultum. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat pembinaan akhlak peserta didik melalui kegiatan kultum di SD Negeri 17 Pangkalpinang yaitu dapat dilihat dari faktor internal yaitu peserta didik mendengarkan dengan baik materi kultum yang disampaikan, peserta didik terlambat mengikuti kultum dan berisik ketika pelaksanaan kultum. Sedangkan faktor eksternal yaitu terdapat kerja sama yang baik antara sesama pendidik untuk menertibkan peserta didik, adanya ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai dalam pelaksanaan kultum, serta adanya alokasi waktu yang dikhususkan untuk kultum. Kemudian untuk faktor penghambatnya yaitu pendidik sering berhenti menyampaikan materi kultum di tengah-tengah karena merasa terganggu dengan siswa yang berisik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Albani, M Nashiruddin. (2005). Ringkasan shahih muslim. Gema Insani.

Al-Albani, Muhammad Nashiruddin, Razak, A. S. A., Utsman, A. R., & Arief, T. (2006). Shahih Sunan Abu Daud. Pustaka Azzam.

Al-Mishri, M. (2018). Ensiklopedi Akhlak Rasulullah Jilid 1 (Solihin Rosidi & Muhammad Misbah, penerjemah). Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Amin, S. M. (2021). Ilmu dakwah. Amzah.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Arifin, M. (2019). Pengantar Ilmu Pendidikan. Guepedia.

Aziz, M. A. (2019). Ilmu Dakwah: Edisi Revisi. Prenada Media.

Darmadi, H. (2017). Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).

Habibah, S. (2015). Akhlak dan etika dalam islam. Jurnal Pesona Dasar, 1(4).

Hendri, H. (2018). Upaya Guru dalam Membina Akhlak Siswa di MTsS PGAI Padang. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 176–184.

Iwan, I. (2017). Pendidikan Akhlak Terpuji Mempersiapkan Generasi Muda Bekarakter. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).

Kbbi, K. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kementerian Pendidikan Dan Budaya.

Kesuma, D., Triatna, C., & Permana, J. (2011). Pendidikan karakter: kajian teori dan praktik di sekolah.

Kusmayadi, I. (2008). Think Smart Bahasa Indonesia. PT Grafindo Media Pratama.

Manan, S. (2017). Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 15(1), 49–65.

Pai, T. D. (2016). Bunga rampai penelitian dalam pendidikan agama Islam. Deepublish.

Permendikbud, L. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.

Prafitri, B. (2018). Metode Pembinaan Akhlak Dalam Peningkatan Pengamalan Ibadah Peserta Didik Di SMP N 4 Sekampung Lampung Timur. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 4(2), 337–358.

Rahman, A. (2012). Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam-Tinjauan Epistemologi dan Isi-Materi.". Jurnal Eksis, 8(1), 2053–2059.

Rosyada, D. (2017). Madrasah dan Profesionalisme Guru dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah. Kencana.

Saeroji, M. A., & Ariyanto, M. D. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sahlan, A., & Teguh Prastyo, A. (2012). Desain pembelajaran berbasis pendidikan karakter. Ar-Ruzz Media.

Sasono, A. (1998). Solusi Islam atas problematika umat: ekonomi, pendidikan, dan dakwah. Gema Insani.

Sudrajat, A. (2017). Membangun Kultur Akhlak Mulia Di Kalangan Siswa Sekolah Dasar Dan Menengah Di Indonesia. Jurnal Ilmu Sejarah, Jurnal Ilmiah FISE UNY, t. Th., Dalam Google. Com, Diakses Tanggal, 20.

Sylviyanah, S. (2012). Pembinaan Akhlak Mulia Pada Sekolah Dasar. Jurnal Tarbawi Vol, 1(3), 191.

Tambak, S. (2014). Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah, 21(2).

Wahid, A. (2019). Gagasan dakwah: pendekatan komunikasi antarbudaya. Prenada Media.

Yanto, N. Q. F. (2014). Pengaruh pembelajaran praktek kultum terhadap wawasan keagamaan siswa di smp muhammadiyah 10 surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Published
2021-12-31
How to Cite
Hawa, S., Syarifah, S., & Muhamad, M. (2021). Pembinaan Akhlak Peserta Didik Melalui Kegiatan Kultum (Kuliah Tujuh Menit) di SD Negeri 17 Pangkalpinang. Jurnal Sustainable, 4(2), 75-90. https://doi.org/10.32923/kjmp.v4i2.2162
Section
Articles