Hubungan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN 15 Kelapa

  • Juriana Juriana IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
Keywords: motivasi, hasil belajar

Abstract

Motivasi belajar berasal dari dalam dan luar peserta didik, yang sangat mendorong peserta didik dalam belajar sehingga bisa mendapatkan hasil belajar yang optimal. Hasil belajar merupakan tolak ukur terakhir dalam menentukan keberhasilan para peserta didik, yang meliputi tiga ranah pembelajaran yaitu ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDN 15 Kelapa. Penelitian berjenis penelitian kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk motivasi belajar dan tes untuk hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Sampel pada penelitian ini adalah 31 siswa kelas 5 SD.Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan r-hitung >r-table yaitu 0,443 > 0,355 pada taraf signifikansi 5%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainiyah, N., & Wibawa, N. H. H. P. (2013). Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum, 13(1), 25–38.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 80–86.
Creswell, J. W. (2002). Desain penelitian. Pendekatan Kualitatif & Kuantitatif, Jakarta: KIK.
Ernanida, E., & Al Yusra, R. (2019). Media Audio Visual dalam Pembelajaran PAI. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 101–112.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79.
Hariyadi, A., & Darmuki, A. (2019). Prestasi dan Motivasi Belajar dengan Konsep Diri. Prosiding Seminar Nasional Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah Sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial, 280–286.
Idzhar, A. (2016). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2(2), 221–228.
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2).
Mawarsih, S. E., & Hamidi, N. (2013). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri Jumapolo. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(3).
Murtadho, A. (2016). Mengembangkan Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran PAI. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 1–17.
Nurmadiah, N. (2014). Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 2(2).
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.
Prastowo, A. (2014). Pemenuhan Kebutuhan Psikologis Peserta Didik SD/MI melalui Pembelajaran Tematik-Terpadu. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 1(1), 1–13.
Rosyid, M. Z., Mansyur, M., IP, S., & Abdullah, A. R. (2019). Prestasi Belajar. Literasi Nusantara.
Santoso, H. B., & Subagyo, S. (2017). Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar dengan Metode Problem Basic Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas XI Di SMK Insan Cendekia Turi Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Taman Vokasi, 5(1), 40–45.
Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2).
Published
2021-12-20
How to Cite
Juriana, J. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN 15 Kelapa. Jurnal Sustainable, 4(1), 50-57. https://doi.org/10.32923/kjmp.v4i1.2156
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)