Problematika Pembelajaran Daring
Studi Fenomenologi Pada Siswa SMP/SMA/SD di Kecamatan Namang Kabupaten Bangka Tengah
Abstract
Pandemi covid-19 yang berdampak pada bidang pendidikan telah merubah proses pembelajaran dari tatap muka ke pembelajaran daring. Terdapat beberapa hal penting untuk dicermati dalam pembelajaran daring yaitu: pertama, untuk memahami bagaimana orang tua siswa di Kecamatan Namang menyikapi pembelajaran daring, kedua, mengetahui pendapat siswa mengenai pembelajaran daring, ketiga, memahami keterbatasan pengetahuan dan fasilitas internet sebagai kendala dalam pembelajaran daring. Penelitian Ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Orang tua yang memiliki anak usia SD, SMP, dan SMA, di Kecamatan Namang setuju dengan kebijakan pembelajaran daring (2) Siswa SD, SMP, dan SMA di Kecamatan Namang menganggap kurang efektif pembelajaran daring. (3) Keterbatasan pengetahuan dan fasilitas internet menjadi kendala utama dalam pembelajaran daring. Penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk memahami kendala dan tingkat pengetahuan orang tua dan siswa dalam menggali informasi dari informan.
Downloads
References
Ameli, A., Hasanah, U., Rahman, H., & Putra, A. M. (2020). Analisis keefektifan pembelajaran online di masa pandemi COVID-19. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 28–37.
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran orang tua dalam menerapkan pembelajaran di rumah saat pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 152–159.
Ismail. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Kurang Efektiv Tetapi Harus Dijalanka Online. https://nasional.sindowens.com/read/1775/144/pendidikan-online-di-tengah-corona-beri-tantangan-guru-agar-lebih-kreatif--1586930676
Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan dalam masa pandemi covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.
Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246–253.
Lexy, J. M. (2002). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mastura, M., & Santaria, R. (2020). Dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pengajaran bagi guru dan siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 289–295.
Mulyana, D. (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif (Paradigma baru ilmu komunikasi dan ilmu sosial lainnya).
Mustakim, M. (2020). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.
Rachmat, A., & Krisnadi, I. (2020). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring (Online) Untuk Siswa SMK Negeri 8 Kota Tangerang Pada Saat Pandemi Covid 19. Magister Teknik Elektro Universitas Mercu Buana, 1–7.
Ramadhan, O. M., & Tarsono, T. (2020). Efektifitas pembelajaran sejarah kebudayaan Islam melalui google classroom ditinjau dari hasil belajar siswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 204–214. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.12927
Ridawan, A. (2014). Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara.
Salma. (2013). Mozaik Teknologi Pendidikan E-Learning. Kencana.
Slameto. (2020). Fakta Pendidikan di Tengah Wabah Carona. Detiknews.Com. http://new.detik.com/kolom/d-4969335/5-faktapendidikan-di-tengah-wabah-carona
Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Sugrah, N. (2019). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121–138.
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34.
Tim Pengembangan MKDP. (2011). Kurikulum Dan Pembelajaran. Rajawali Press.
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772.
Yuliani, M. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan Teori dan Penerapan. Yayasan Kita Menulis.
Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan pemberlakuan lock down sebagai antisipasi penyebaran corona virus Covid-19. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3), 227–238.
Copyright (c) 2021 Heldia Oldia Lestari, Dinar Pratama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.