Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Menyebutkan Kehidupan Sosial Budaya dari Negara-negara ASEAN Terkait Kondisi Geografisnya dengan Pendekatan VCT (Value Clarification Teaching) pada Siswa Kelas VI SD Negeri Dendeng

  • Yana Fansita Taopan SD Negeri Dendeng
Keywords: VCT (value Clarification Teaching). hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan pendekatan VCT (value Clarification Teaching). Penelitian  ini merupakan   penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran  di  kelas, Tahapan penelitian tindakan pada suatu siklus meliputi perencanaan atau pelaksanaan observasi dan refleksi. Hasil pendekatan VCT (Value Clarification Teaching) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas VI SD Negeri Dendeng pada materi Menyebutkan Kehidupan Sosial Budaya dari Negara-negara ASEAN Terkait Kondisi Geografisnya Tahun Ajaran 2019/2020 dengan peningkatan pada siklus I rata-rata hasil belaja 67,7 dengan persentase ketuntasan 47% sedangkan pada siklus II rata-rata 84,36 dengan persentase ketuntasan 96%. Dengan ini maka pendekatan yang digunakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta. Jakarta.

Asmi. A. R. 2018. Media Pembelajaran dalam Internalisasi Nilai-nilai Kearifan Lokal Berbasis VCT (value clarification technique) Pada Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Dan Sejarah


Asrori M. 2009. Psikologi Pembelajaran. Jakarta; CV Wacana Prima

Bahri, S dan Aswan Z. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

BNSP. 2006. Peraturan Mendiknas no 22 dan 23 Tahun 2006. BNSP. Jakarta.

Conny S. 2002. Pendidikan Keluarga Dalam Era Global, (Jakarta: PT Prenhallindo

------- 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2007 Tentang Standar Proses. BNSP.Jakarta.

Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. IKIP Semarang. Semarang.

Mulyana, D. 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Remaja Rosda Karya. Bandung.

Nurul. Z. 2006, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan , Teoro Aplikasi, Sinar Grafika Offset. Jakarta.

Sardjiyo. 2014. Pendidikan IPS di SD, Universitas Terbuka, Banten Indonesia.

Suryani, N. 2013. Pengembangan model internalisasi nilai karakter dalam pembelajaran sejarah melalui model value clarification technique. Historical Studies Journal

Slameto. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas 2003)
Published
2020-08-09
How to Cite
Taopan, Y. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Menyebutkan Kehidupan Sosial Budaya dari Negara-negara ASEAN Terkait Kondisi Geografisnya dengan Pendekatan VCT (Value Clarification Teaching) pada Siswa Kelas VI SD Negeri Dendeng. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 3(1), 30-34. https://doi.org/10.32923/kjmp.v3i1.1355
Section
Articles