Representasi Nilai Dakwah dalam Iklan Susu Frisian Flag Gold Edisi Ramadhan 2017
Abstract
Komunikasi adalah cara menyampaikan ide, konsep dari pikiran seseorang kepada orang lain untuk menghasilkan pengertian yang sama. Bentuk nyata dari penuangan ide itu sendiri dimunculkan lewat simbol-simbol (tanda) verbal atau non verbal sehingga dapat diterjemahkan maknanya oleh penerima pesan. Begitupun juga dengan tayangan iklan komersil yang merupakan bentuk komunikasi hasil dari konsep pemikiran pengiklan untuk disampaikan kepada penonton sehingga menimbulkan dampak yang diinginkan pengiklan yakni selain produk yang ditawarkan menjadi dikenal namun dapat juga menarik pembelian produk itu sendiri. Agar pembelian produk dapat berhasil maka pengiklan harus merancang pesan dalam iklan seefektif mungkin dengan menuangkan konsep iklan yang kreatif sehingga memiliki posisi tawar diantara sekian banyak pesaing lainnya dengan produk yang sama misalkan dengan cara menampilkan keunggulan produk yang memiliki manfaat di dalam kehidupan manusia, salah satunya lewat Iklan Susu Frisian Flag Gold. Iklan yang ditayangkan pada 2017 ini mencoba mengemas kelebihan produk lewat settingan waktu bulan ramadhan yang sarat dengan nilai dakwah. Hal ini yang menarik perhatian peneliti untuk melihat Representasi Nilai Dakwah dalam Iklan Susu Frisian Flag Gold Edisi Ramadhan 2017 melalui pendekatan semiotika.
Downloads
Pemberitahuan Hak Cipta
- Untuk semua artikel yang dimuat di Mawa'izh (Jurnal Dakwah dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan), hak cipta tetap milik penulis. Penulis memberikan izin kepada penerbit untuk mengumumkan karyanya dengan syarat. Ketika naskah diterima untuk diterbitkan, penulis menyetujui pengalihan otomatis hak penerbitan kepada penerbit.
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0. yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan karya tersebut dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar atas karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka )
SURAT PENUGASAN HAK CIPTA
Sebagai penulis Jurnal Mawa'izh Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Indonesia, saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Menyatakan:
- Makalah saya asli; tulisan saya sendiri dan belum pernah dipublikasikan/diusulkan pada jurnal dan publikasi lain.
- Makalah saya bukan plagiarisme melainkan ide/penelitian asli saya.
- Makalah saya tidak ditulis oleh bantuan lain, kecuali dengan rekomendasi Dewan Editor dan Reviewer yang telah dipilih oleh jurnal ini.
- Dalam makalah saya, tidak ada tulisan atau pendapat lain kecuali yang disebutkan dalam daftar pustaka dan relevan dengan kaidah penulisan di jurnal ini.
- Saya membuat tugas ini dengan pasti. Jika ada distorsi dan ketidakbenaran dalam penugasan ini, nanti saya akan bertanggung jawab sesuai hukum yang berlaku.