PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI MARKETING UMKM DI ERA DIGITAL

  • syafa nadya nadya IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Isroatul Barokah IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Ahmad Sarofi IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Ahmad Azwar Deni IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
Keywords: Social Media, SMEs, Digital Marketing

Abstract

Era digital mempengaruhi paradigma bisnis, terutama dalam pemasaran. Media sosial menjadi kunci bagi UMKM untuk memperluas jangkauan, meningkatkan interaksi, dan mengoptimalkan penjualan. Meskipun bermanfaat, UMKM sering kesulitan mengoptimalkan media sosial karena kurangnya pemahaman dan sumber daya manusia. Persaingan pun semakin ketat. Oleh karena itu, UMKM perlu mengembangkan strategi pemasaran digital yang tepat. Penelitian ini mengusulkan pemilihan platform yang tepat, konten berkualitas, konsistensi posting, interaksi aktif, pemanfaatan fitur platform, dan kolaborasi dengan influencer sebagai strategi utama. Dengan menerapkan strategi ini, UMKM dapat meningkatkan visibilitas, memperluas pangsa pasar, dan meningkatkan kesuksesan pemasaran mereka di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-25
How to Cite
nadya, syafa, Barokah, I., Sarofi, A., & Deni, A. (2024). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI MARKETING UMKM DI ERA DIGITAL. JURNAL DIALOKA: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi Islam, 3(1), 1 - 14. https://doi.org/10.32923/dla.v3i1.4474