IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA ANAK DALAM KELUARGA PEDAGANG DI PASAR MINGGGU JAKARTA SELATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi nilai-nilai pendidikan islam, nilai-nilai islam yang ditekankan dan hambatan pada anak dalam keluarga pedagang pasar minggu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai implementasi nilai-nilai pendidikan islam pada anak dalam keluarga pedagang di pasar minggu dengan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yang peneliti temukan adalah proses implementasi nilai-nilai islam pada sang anak yang dilakukan oleh orang tua nyatanya bisa berjalan dengan baik, dengan cara sang anak di sekolahkan di pondok pesantren dan di TPQ atau musholah dekat rumah mereka yang diajarkan langsung oleh guru ngaji. Nilai-Nilai islam yang diutamakan dan ditekankan dalam pendidikan anak keluarga pedagang di pasar minggu adalah pertama tentang keimanan. Tantangan atau hambatan dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan islam pada anak keluarga pedagang di pasar minggu adalah sang anak susah nurut ketika dikasih tau oleh orang tua nya, ada yang melawan hingga tidak mendengarkan apa yang disuruh oleh orang tua nya padahal hal itu untuk kebaikan sang anak.
Downloads
Copyright (c) 2024 Shalsabilla Fauzanah Simanungkalit, Ahmad Irfan Mufid, Gustin , Pani Azpa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.