Pengaruh Sosialisasi Dan Kepercayaan Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat Di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bangka Tengah
Abstract
Zakat merupakan salah satu ibadah sosial material, memiliki kedudukan yang strategis dan menentukan. Mengeluarkan zakat hukumnya wajib bagi tiap-tiap muslim yang mempunyai pendapatan berupa harta benda menurut ketentuan yang telah ditetapkan oleh hukum islam. Dalam upaya penghimpunan zakat suatu lembaga harus professional serta transparan demi menimbulkan kepercayaan masyarakat untuk berzakat disuatu Badan Amil Zakat Nasional. Menarik minat muzakki supaya tetap konsistensi berzakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bangka Tengah terdapat faktor sosialisasi dan kepercayaan yang memiliki pengaruh penting dalam meningkatkan minat muzakki. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris variabel-variabel dalam penelitian yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah yaitu apakah terdapat pengaruh antara sosialisasi (X1) dan kepercayaan (X2) terhadap minat muzakki (Y) membayar zakat di BAZNAS Kabupaten Bangka Tengah. Populasi sampel yang dipergunakan sebanyak 96 responden. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan metode analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsiklasik (normalitas, autokerelasi, dan heteroskedastisitas), uji F, Uji t, dan Analisis Regresi Berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan bantuan software Statistical Package for the Sciences (SPSS) versi 26. Hasil dari penelitian ini adalah sosialisasi secara parsial berpengaruh terhadap minat muzakki membayar zakat, kepercayaan secara parsial berpengaruh terhadap minat muzakki membayar zakat. Berdasarkan hasil uji F (simultan) menunjukkan bahwa nilai signifikansi pengaruh variabel sosialisasi dan kepercayaan terhadap minat muzakki membayar zakat adalah dimana Fhitung>Ftabel atau 110.024>2.359 artinya bahwa secara simultan sosialisasi (X1) dan kepercayaan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat muzakki (Y) membayar zakat di BAZNAS Kabupaten Bangka Tengah.
Keywords:
Sosialisasi;
Kepercayaan;
Minat Muzakki