Penerapan Etika Pemasaran Islam dalam Penggunaan Digital Marketing Pada UMKM di Kabupaten Belitung

  • Hendra Zairina IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik
Keywords: etika, digital marketing, penerapan

Abstract

ABSTRAK

Trend pemasaran digital marketing dari tahun ke tahun dipenuhi dengan perkembangan dan inovasi di dunia digital marketing yang muncul tren-tren baru dan  menjadi sorotan bagi para marketer yang ingin memenangkan persaingan dalam pasar yang semakin kompetitif. Satu hal yang harus diperhatikan dalam pemasaran digital adalah etika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah dalam memasarkan produk di media online, para pelaku UMKM di Kabupaten Belitung menggunakan platform online seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, TikTok Shop, Facebook marketplace, Instagram marketplace. Adapun penerapan etika pemasaran Islam dalam penggunaan digital marketing pada UMKM di Kabupaten Belitung adalah ramah kepada customer dan juga cepat respon ketika ada pemesanan, jujur terhadap produk yang dipasarkan, dan tidak ada mandat penipuan dalam pengiriman produk.

 

Kata Kunci : Etika, Digital Marketing, Penerapan

 

 

 

ABSTRACT

Digital marketing trends from year to year are filled with developments and innovations in the world of digital marketing where new trends emerge and become the spotlight for marketers who want to win the competition in an increasingly competitive market. One thing that must be considered in digital marketing is ethics. The approach used in this study is a qualitative approach. The results of this research are that in marketing products in online media, MSMEs in Belitung Regency use online platforms such as Tokopedia, Lazada, Shopee, TikTok Shop, Facebook marketplace, Instagram marketplace. The application of Islamic marketing ethics in the use of digital marketing in MSMEs in Belitung Regency is to be friendly to customers and also respond quickly when there is an order, be honest about the products being marketed, and there are no fraudulent mandates in product delivery.

 

Keywords: Ethics, Digital Marketing, Application

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-30
How to Cite
Zairina, H. (2024). Penerapan Etika Pemasaran Islam dalam Penggunaan Digital Marketing Pada UMKM di Kabupaten Belitung. EJESH: Jurnal Ekonomi Islam Dan Sosial, 2(1), 123-128. https://doi.org/10.32923/ejesh.v2i1.4197