Efektivitas Layanan Infomasi Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik di Kelas XI SMA Negeri 1 Jebus

  • Ilham Firmansyah Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Beltung
Keywords: Layanan Informasi, Konsentrasi Belajar, Peserta Didik

Abstract

Abstract

The problem that is the background for this research. In the era modernization as it is today, learning is no longer a routine students like it. This is because there are many things that go into it. students feel lazy or bored when studying, for example requires concentration, time and energy expended, feelings as well as coercion to abandon various activities un compared to studying, like playing cellphones, games online, or other activities whether positive or negative comes from the surrounding environment. However, the most basic of. The problem when studying is that it requires concentration. Students are required to remain concentrated until the lesson is finished. The aim of this research is to determine the effectiveness of information services for increasing students' learning concentration at SMA Negeri 1 Jebus The population was 97 people while the sample was 10 person. This research focuses on the level of learning concentration students before and after being provided with information services.Data collection techniques include observation, questionnaires and documentation.  The data analysis technique used is the T test. The results of the study showed a change in level students' learning concentration in class XI SMA Negeri 1 Jebus. This research provides meaning that through participant information services Students can have better learning concentration. Conclusion proven through the results of hypothesis calculations which show that tcount is greater than ttable, namely 17.860 > 2.228 which is acceptable at a significance level of 5%. This shows that the hypothesis is taken by researchers has been proven to be true.

 

Abstak

Permasalahan yang menjadi latar belakang penelitian ini Pada era modernisasi seperti sekarang ini, belajar tidak lagi menjadi rutinitas yang disukai peserta didik. Ini dikarenakan ada banyak hal yang membuat peserta didik merasa malas maupun jenuh ketika belajar, seperti membutuhkan konsentrasi, waktu serta tenaga yang dikeluarkan, perasaan maupun paksaan untuk meninggalkan berbagai kegiatan yang lebih menyenangkan dibandingkan dengan belajar, seperti bermain ponsel, game online, ataupun kegiatan lain baik yang bersifat positif atau negatif yang berasal dari lingkungan sekitar. Akan tetapi, yang paling mendasar dari permasalahan ketika belajar yakni membutuhkan konsentrasi belajar. Peserta didik dituntut untuk tetap berkonsentrasi hingga pelajaran selesai..

Tujuan penelitian ini yakni mengetahui efektifitas layanan informasi untuk meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 JebusPopulasi berjumlah 97 orang sedangkan sampel sebanyak 10 orang. Dalam penelitian ini berfokus pada tingkat konsentrasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah diberikan layananan informasi dengan teknik pengumpulan data berupa obervasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji T. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan tingkat konsentrasi belajar peserta didik di kelas XI SMA Negeri 1 Jebus. Penelitian ini memberikan makna bahwa melalui layanan infomasi peserta didik dapat memiliki konsentrasi belajar yang lebih baik. Kesimpulan dibuktikan melalui hasil perhitungan hipotesis yang menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 17,860 >2,228 yang dapat diterima pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diambil peneliti telah teruji kebenarannya

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-01
How to Cite
Firmansyah, I. (2024). Efektivitas Layanan Infomasi Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik di Kelas XI SMA Negeri 1 Jebus. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 5(2), 55 - 61. Retrieved from https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/IJoCE/article/view/4961