Layanan Konseling Kelompok Dalam Mengatasi Perilaku Membolos

  • Mukhslis Apriadi IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
Keywords: Layanan, Konseling Kelompok, Membolos

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap layanan konseling kelompok dalam mengatasi perilaku membolos peserta didik di SMA Negeri 1 Jebus. Penelitian ini dilakukan atas hasil kajian dan pengamatan dari proses layanan konseling kelompok mengatasi perilaku membolos peserta didik di SMA Negeri 1 Jebus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jenis perilaku membolos dan layanan konseling kelompok mengatasi perilaku membolos di SMA Negeri 1 Jebus.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenalogi lapangan yang memberikan hasil pengumpulan data digunakan peneliti berupa wawancara dengan guru BK dan siswa yang bermasalah. Observasi dalam bentuk non partisipan, dan dokumentasi. Selanjutnya, analisis data melalui tiga tahapan, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok dalam mengatasi perilaku membolos peserta didik di SMA Negeri 1 Jebus menggunakan bentuk layanan informasi, teknik penguatan positif, dan teknik self-control. Layanan tersebut untuk mengatasi jenis perilaku membolos yang terjadi di SMA Negeri 1 Jebus. Jenis-jenis perilaku membolos yang ada di SMA Negeri 1 Jebus adalah tidak masuk sekolah tanpa izin, tidak masuk kembali setelah izin, masuk sekolah berganti hari, berpura-pura sakit, dan izin dengan alasan dibuat-buat. Dari hasil proses pemberian layanan konseling kelompok ini yang terlihat berhasil membuat peserta didik tidak melakukan perilaku membolos lagi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-11
How to Cite
Apriadi, M. (2023). Layanan Konseling Kelompok Dalam Mengatasi Perilaku Membolos. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 4(02), 78 - 81. Retrieved from https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/IJoCE/article/view/3604