Pengaruh Konseling Cognitive Behavior Therapy (CBT) Dalam Mereduksi Gangguan Anxiety Peserta Didik Sebelum Ujian Akhir Semester

  • Imaswati Imaswati IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
Keywords: Konseling Individu, CBT, Abxiety

Abstract

Anxiety (kecemasan) merupakan perasaan yang tidak menentu yang berisikan kekhawatiran dan ketakutan terhadap suatu hal yang akan mendatang. Kecemasan pada setiap orang itu berbeda-beda dan reaksi yang ditimbulkan bermacam-macam. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh konseling  Cognitive behavior therapy (CBT) dalam mereduksi gangguan anxiety peserta didik sebelum ujian akhir semester SMA Muhammadiyah Toboali.

                Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif asosiatif, pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden. Teknik  pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner konseling  cognitive behavior therapy (X) sebanyak 30 item pernyataan. Sedangkan untuk mengukur tingkat gangguan anxiety (Y) peserta didik penelitian menggunakan kuesioner  Hamilton  Anxiety Rating  Scale (HARS) yang terdiri dari 14 kelompok item  pernyataan.

                 Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat gangguan anxiety peserta didik pada kategori kecemasan tingkat ringan dengan persentase sebesar  57% dan 43% pada kategori tidak ada gejala kecemasan dan berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana menggunakan program spss  versi 16 diketahui bahwa nilai sig adalah 0,004 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh konseling Cognitive behavior therapy dalam mereduksi gangguan anxiety peserta didik sebelum ujian akhir semester. Sehingga dapat disimpulkan dari hasil uji t terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X terhadap variabel Y

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-11
How to Cite
Imaswati, I. (2023). Pengaruh Konseling Cognitive Behavior Therapy (CBT) Dalam Mereduksi Gangguan Anxiety Peserta Didik Sebelum Ujian Akhir Semester. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 4(02), 59 = 64. Retrieved from https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/IJoCE/article/view/3601