Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal dalam Meningkatkan Motivasi Belajar

  • Kenanga Lestari IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Komariah Komariah IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
Keywords: Motivasi, Bimbingan Klasikal, Peserta Didik

Abstract

Motivasi belajar menjadi permasalahan yang berhubungan dengan proses belajar yang dilaksanakan oleh peserta didik. Peserta didik seringkali tidak memiliki rasa keinginan untuk belajar yang membuat rendah atau kurangnya motivasi belajar. Melihat dari data pretest motivasi belajar yang didapatkan bahwa kurangnya motivasi belajar pada peserta didik. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI di SMK Negeri 1 Mendo Barat.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dalam bentuk desain yakni quasi eksperimental design dengan tipe one group pretest-posttest design. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi dan angket untuk dilakukannya pretest dalam mengetahui keadaan awal motivasi belajar peserta didik, kemudian diberikan perlakuan layanan bimbingan klasikal yang bertujuan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, setelah itu diberikan kembali posttest kepada peserta didik untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar pada peserta didik setelah dilakukannya layanan bimbingan klasikal dengan analisis data menggunakan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 25 untuk melihat hasil penelitian.

Setelah dilakukan penelitian dari pemberian perlakuan layanan bimbingan klasikal, peserta didik pada kategori rendah yaitu 0 peserta didik (0%), kategori sedang 16 peserta didik (89%) dan kategori tinggi 2 peserta didik (11%) serta didukung dari nilai rata-rata pretest 105 dan posttest 119. Berdasarkan hasil pengolahan analisis data setelah dilakukan uji hipotesis didapatkan nilai thitung  yaitu -8.810 > ttabel  1.739 dan sig 0,00 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI di SMK Negeri 1 Mendo Barat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-03-03
How to Cite
Lestari, K., & Komariah, K. (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 4(1), 11 16. Retrieved from https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/IJoCE/article/view/3584