Efektivitas Layanan Konseling Individu Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik
Abstract
Peserta didik kelas XII IIS di MAN 1 Pangkalpinang memiliki permasalahan kurangnya kepercayaan diri pada peserta didik ketika dalam proses pembelajaran berlangsung. Hal ini ditunjukkan oleh gejala-gejala yang tampak pada tingkah laku peserta didik seperti tidak berani bertanya, tidak berani mengungkapkan pendapat dan memiliki perasaan mudah mengeluh dan sulit menyusaikan diri dari lingkungan sekolah. Kemudian dengan menerapkan layanan konseling individu dapat meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas XII IIS sesuai dengan prosedur yang semestinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah layanan konseling individu efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas XII IIS di MAN 1 Pangkalpinang
Metode yang digunakan agar dapat mengetahui efektif layanan konseling individu dalam meningkatkan kepercayaan diri tersebut yaitu metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian “one group pre- test and Post-Test Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII jurusan IIS yang berjumlah 131 peserta didik. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 10 peserta didik dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angketdan dokumentasi. Angket sebelumnya sudah diuji cobakan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis, uji hipotesis dan uji n-gain score.
Hasil penelitian yang telah peneliti lakukan bahwa adanya efektif layanan konseling individu dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas XII IIS di MAN 1 Pangkalpinang. Pengambilan keputusan dalam uji regresi ini salah satunya dengan membandingkan nilai signifikansi dengan nilai probabilitas pada penelitian ini adalah 0,05. Maka dapat diketahui bahwa nilai signifikansi 0,000< 0,05. Jika nilai sig < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jika nilai sig > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak.