Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Prokrastinasi Akademik Peserta Didik

  • Zainudin Zainudin IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Rezi Saputra IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
Keywords: Guru BK, Pesertadidik, Prokrasitinasi Akaddemik

Abstract

Masa depan generasi bangsa sangat bergantung pada dunia pendidikan, sebab pada dasarnya pendidikan adalah penempatan manusia untuk masa depannya. Pelaksanaan pendidikan itu perlu dimulai dari pendidikan dalam keluarga. Persoalan yang muncul kemudian adalah setiap siswa memiliki masalah dan latar belakang yang berbeda-beda hal itulah yang memungkinkan siswa membawa berbagai permasalahan seperti masalah peribadi sosial, belajar, keluarga, dan masih banyak lagi masalah lain yang mengganggu kegiatan belajar. Salah satu masalah belajar yang dialami siswa di sekolah adalah menunda waktu untuk mengerjakan tugas sekolah, menunda waktu mengerjakan pekerjaan rumah (PR), dan lain sebagainya. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Mengenai “Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Mendo Barat”. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa peran guru bimbingan konseling sangat penting di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-16
How to Cite
Zainudin, Z., & Saputra, R. (2022). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Prokrastinasi Akademik Peserta Didik. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 3(2), 42 - 52. https://doi.org/10.32923/ijoce.v3i2.2730