Peningkatan Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Melakukan Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling Melalui Supervisi Akademik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan pelaksanaan supervisi akademik dalam upaya meningkatkan kompetensi guru bimbingan dan konseling dalam melakukan evaluasi layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang terselesaikan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan dalam dua siklus yang melibatkan guru bimbingan konseling di SMA Negeri 1 Toboali dengan indikator keberhasilan >90.0. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi dapat meningkatkan kompetensi guru bimbingan dan konseling dalam melakukan evaluasi layanan bimbingan dan konseling di sekolah.