Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Permainan “Percayalah Padaku” Terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik
Abstract
Peserta didik dengan rasa percaya diri rendah dapat dilihat pada saat proses pembelajaran berlangsung yaitu pada saat peserta didik mengemukakan pendapat ataupun data presentasi dihadapan teman-temannya. Peneliti merasa tertarik untuk melaksanakan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan oleh Bimbingan Kelompok dengan teknik Permainan “percayalah padaku” terhadap kepercayaan diri peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experimental Design dengan One Group Pretest-postest. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket tertutup dengan skala likert. Dengan analisis data menggunakan persamaam regresi linear sederhana menggunakaan Program SPSS. Setelah dilaksanakan penelitian didapar bahwa t hitung yaitu 1,881 > 1,693 dan nilai sig > 0.05 yaitu 0,069. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan kelompok teknik permainan “percayalah padaku” terhadap kepercayaan diri siswa.