Konseling Motivational Interviewing Untuk Mereduksi Agresitivitas Peserta Didik

  • Yulia yulia Sekolah Menengah Atas Negei 1 Tobo Ali
Keywords: Konseling, Motivational Interviewing, Peserta Didik

Abstract

Penelitian  ini bertujuan  untuk menguji  keefektifan  Konseling  Motivational   Interviewing dalam mereduksi agresivitas pada siswa. Penelitian ini  menggunakan metode eksperimen  dengan desain  pretest-posttest dengan menggunakan pengukuran  berulang (repeated  measure). Subjek dari penelitian ini berjumlah 4 siswa  yang mengalami  tingkat agresivitas yang tinggi yang dipilih berdasarkan hasil  studi awal  yang dilakukan  oleh peneliti. Hasil  pelaksanaan konseling  motivational interviewing  menunjukkan nilai  rata-rata pretest dari 94,33  (SD = 3,14) yang kemudian  sampai pada  pengukuran  follow up yang diperoleh hasil  dengan rata-rata 47,5 (4,59). Oleh karena itu, secara umum, konseling  Motivational  Interviewing efektif   dalam  mengurangi tingkat  agresivitas  siswa  yang adiksi  game online. Berdasarkan hasil    penelitian ini,  penulis  merekomendasikan   kepada  seluruh guru   bimbingan  dan konseling untuk  bisa menerapkan pendekatan  ini sebagai upaya  untuk mereduksi  tingkat  agresivitas  siswa  di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-01
How to Cite
yulia, Y. (2022). Konseling Motivational Interviewing Untuk Mereduksi Agresitivitas Peserta Didik. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 3(1), 18 - 21. Retrieved from https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/IJoCE/article/view/2720