Konseling Motivational Interviewing Untuk Mereduksi Agresitivitas Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan Konseling Motivational Interviewing dalam mereduksi agresivitas pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest dengan menggunakan pengukuran berulang (repeated measure). Subjek dari penelitian ini berjumlah 4 siswa yang mengalami tingkat agresivitas yang tinggi yang dipilih berdasarkan hasil studi awal yang dilakukan oleh peneliti. Hasil pelaksanaan konseling motivational interviewing menunjukkan nilai rata-rata pretest dari 94,33 (SD = 3,14) yang kemudian sampai pada pengukuran follow up yang diperoleh hasil dengan rata-rata 47,5 (4,59). Oleh karena itu, secara umum, konseling Motivational Interviewing efektif dalam mengurangi tingkat agresivitas siswa yang adiksi game online. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis merekomendasikan kepada seluruh guru bimbingan dan konseling untuk bisa menerapkan pendekatan ini sebagai upaya untuk mereduksi tingkat agresivitas siswa di sekolah.