Hubungan Keaktifan Ekstrakurikuler dengan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 3 Pangkal Pinang

  • Novitasari Novitasari IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
Keywords: Ekstrakurukuler, Disiplin, Pesertadidik

Abstract

Ekstrakurikuler  baik di sekolah  maupun  perguruan  tinggi bukanlah  sesuatu yang baru tetapi sudah berjalan lama dan diminati  para  peserta didik. Disiplin memiliki fungsi yang sangat penting baik dalam sekolah maupun lingkungan terutama dalam proses belajar. Disiplin memiliki arti yang luas, oleh karena itu disiplin adalah ketaan pada peraturan yang telah ditentukan dalam proses belajar megajar. Belajar adalah suatu upaya yang dilakukan seseorang untuk mencapai perubahan dalam sikap dan prilaku seseorang yang baru secara menyeluruh, sebagai hasil keahlian dalam diri serta dapat berinteraksi dengan lingkungannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni korelasional yang bertujuan untuk mendeteksi sejauh mana variasi-variasi pada suatu faktor berkaitan lebih dengan faktor lain berdasarkan pada koefesien korelasi. Keaktifan  ekstrakurikuler  terdiri Berdasarkan rumus dapat dilakukan pengelompokan ekstrakurikulerpada peserta didik kelas XI IPA yang didasarkan pada 31 item skala yang dinyatakan  valid dengan 92 responden. Berdasarkan hasil penelitian dari Pembahasan yang telah peneliti lakukan mengenai ubungan keaktifan ekstrakurikuler denan kedisiplinan belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Pangkalpinang, dengan jumlah 92 reseponden dimana terdapat 2 variabel yaitu ekstrakurukuler dan kedisiplinan belajar peserta didik. Terdapat 31 item soal yang mana 48 % peserta didik jurusan Ilmu Pengetahuan Alam cukup akktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurukuler yang ada disekolah. Sedangkan kedisiplinan dalam belajar peserta didik cukup tinggi yaitu sebesar 65 %.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-01
How to Cite
Novitasari, N. (2022). Hubungan Keaktifan Ekstrakurikuler dengan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 3 Pangkal Pinang. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 3(1), 5 - 10. Retrieved from https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/IJoCE/article/view/2569