layanan konseling kelompok dalam upaya meningkatkan percaya diri peserta didik
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurang percaya diri. Permasalahan penulis ini adalah apakah layanan konseling kelompok yang berpengaruh dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah konseling kelompok berpengaruh meningkatkan percaya diri peserta. Meningkatkan percaya diri disini adalah menumbuhakan percaya diri siswa untuk mengembangkan potensi yang di milikinya tampa malu dan ragu. Dengan memberikan konseling kelompok agar siswa lebih berani menunjukkan kemampuannya di depan teman-temannya, serta tidak canggung berinteraksi dengan orang lain. Pada dasarnya kurang percaya diri banyak merugikan peserta didik tidak hanya melalui bergaul dengan sikap yang rendah, tetapi melalui siswa mempertimbangkan pilihan mereka dengan cara yang berbeda. Kurangnya percaya diri mungkin memerlukan perhatian untuk membantu memastikan bahwa pilihan masa depan siswa tidak perlu di batasi.