Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Siswa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Kelas VII MTs Al Jauhar Semin Gunung Kidul
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah pengaruh latar belakang pendidikan siswa MTs Al-Jahuar, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh latar belakang pendidikan siswa terhadap hasil belajar bahasa Arab. Fakta di lapangan menunjukkan beberapa siswa mengalami kesulitan belajar bahasa Arab dikarenakan berlatar belakang Sekolah Dasar (SD) dan kurangnya antusias mereka terhadap mata pelajaran bahasa Arab. Yang menjadi bahan penelitian ini adalah kelas VII MTs Al-Jauhar Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan siswa kelas VII MTs Al-Jauhar. (2) untuk mengetahui faktor-faktor lain yang menyebabkan hasil belajar yang kurang maksimal(3) untuk mendapatkan hasil yang di inginkan maka penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, baik dari angket, observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh latar belakang pendidikan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Bahasa arab, pada kenyataan nya anak yang berasal dari SD pun bisa mendapatkan nilai yang maksimal, oleh karena itu kita tidak boleh menganggap bahwa hanya siswa yang memiliki latar belakang agama yang akan mendapat nilai lebih baik dibanding dengan yang tidak memiliki latar belakang pendidikan agama