تأثير استخدام وسائل الإيضاح في استيعاب المفردات لدى الطلبة بمدرسة خزائن العلوم المتوسطة لامونجان

The influence of using educational teaching aids on students vocabulary mastery at Mts Khazainul Ulum Lamongan

  • Muh Sabilar Rosyad Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik
  • Roikhatul Jannah Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik, Indonesia
  • M Rondi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Bojonegoro, Indonesia
Keywords: Alat Peraga Pendidikan, Kosakata, Bahasa Arab

Abstract

Alat peraga pendidikan diharapkan dapat menjadi sarana yang digunakan guru dalam mensukseskan proses belajar mengajar, khususnya dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan alat peraga terhadap penguasaan kosakata di kalangan siswa kelas dua MTs Khozainul Ulum Lamongan, serta mengungkap sejauh mana korelasi antara penggunaan alat peraga dalam menguasai kosakata bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional, sumber data diperoleh dari hasil pengalaman belajar siswa melalui observasi, angket dan tes. Data tersebut selanjutnya dianalisis melalui analisis statistik (statistical product moment). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga berpengaruh terhadap pemahaman kosa kata siswa kelas dua MTs Khozainul Ulum Lamongan berdasarkan hasil analisis data yaitu sebesar 0,379, dan dilihat dari df dimana 28 berada pada taraf atau rangking signifikansi statistik 5%, dan hasil tabel “r” = 0.361, dan pada taraf atau rangking signifikansi statistik 1%, hasil tabel “ r” = 0,463, dan rxy lebih besar dari < tabel r, dan besarnya hubungannya diberikan hasil rxy pada tabel (interpretasi kofisien korelasi “r”), sehingga pengaruhnya antara 0,599 - 0,40. Apabila faktor momennya tetap, maka besarnya hubungan penggunaan sarana ilustratif dalam pemahaman kosakata bahasa Arab di MTs Khozainul Ulum Lamongan adalah sederhana atau sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif, Muh. “Efektivitas Media Pembelajaran Dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab.” A Jamiy: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab 9, no. 1 (2020): 1–15. http://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.9.1.1-15.2020.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada, 2011.

Arsyad, Azhar, and Nurcholish Majid. Bahasa Arab Dan Metode Pengajarannya: Beberapa Pokok Pikiran. Pustaka Pelajar, 2010.

Dini, Kemampuan Kosakata Anak Usia. “Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini,” n.d. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702.

Effendy, Ahmad Fuad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat, 2005.

Fauziddin, Mohammad, and Makhyatul Fikriya. “Mengenal Kosakata Bahasa Arab Melalui Permainan Kartu Huruf Hijaiyah Yang Dilengkapi Kosakata.” Journal of Education Research 1, no. 1 (2020): 46–54. https://doi.org/10.37985/joe.v1i1.6.

Habibah, Ihda Filzafatin, and Munirul Abidin. “The Effect of Applying Talking Stick Type Learning Model in Mufrodat Learning.” Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan 6, no. 1 (2023): 141–47. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3389.

Hakim, Muhammad Luqman. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Game Interaktif Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab.” Arabi: Journal of Arabic Studies 2, no. 2 (2017): 156–62. https://doi.org/10.24865/ajas.v2i2.56.

Hamidah, Alifah Arde Ajeng, Sinta Rosalina, and Slamet Triyadi. “Kajian Sosiolinguistik Ragam Bahasa Gaul Di Media Sosial Tiktok Pada Masa Pandemi Covid-19 Dan Pemanfaatannya Sebagai Kamus Bahasa Gaul.” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra 9, no. 1 (2023): 61–68.

Jailani, Mohammad. “Developing Arabic Media Based on Brain-Based Learning: Improving Mufrodat in School.” Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah 6, no. 2 (2021): 349–61. doi: 10.24042/tadris.v6i2.9921.

Liyana, Astien, and Mozes Kurniawan. “Speaking Pyramid Sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 1 (2019): 225–32. 10.31004/obsesi.v3i1.178.

Mufliharsi, Risa. “Pemanfaatan Busy Book Pada Kosakata Anak Usia Dini Di PAUD Swadaya PKK.” Jurnal Metamorfosa 5, no. 2 (2017): 146–55. https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/185.

Nugrawiyati, Jepri. “Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah.” El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama 3, no. 2 (2015): 144–56. https://doi.org/10.35888/el-wasathiya.v3i2.2012.

Rosyad, Muh Sabilar, Faishol Mahmoud Adam, and Uril Bahruddin. “The Natural Situation and Its Effective Role in Designing Arabic Listening Skills Teaching Materials for Non-Native Speakers/Al-Mawāqif Al-Ṭabī`iyyah Wa Daurihā Al-Fa`āl Fī Istimdādihā Māddah Mahārah Al-Istimā` Li Al-Nāṭiqīn Bi Gairihā.” Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning 6, no. 3 (2023). https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v6i3.19531.

Rosyad, Muh Sabilar, Muhammad Afifuddin, and Muhammad Afthon Ulin Nuha. “HYBRID TRANSLATION: TINJAUAN MEDIA PENERJEMAHAN INDONESIA-ARAB BERBASIS OFFLINE DAN ONLINE PERSPEKTIF MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB.” JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education 7, no. 02 (2023): 225–48. https://ejournal.unkafa.ac.id/index.php/jalie-unkafa/article/view/735.

Rosyad, Muh Sabilar, M Baihaqi, and Muhammad Afthon Ulin Nuha. “Tathwîr Al-Mawâd Al-Ta’lîmiyah Li Mahârah Al-Istimâ’al-Mustamidah Min as-Saqâfah Al-Mahalliyah Ladâ Tholibât Al-Jâmi’ah.” Jurnal Alfazuna: Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 7, no. 2 (2023): 148–66. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/alfazuna/article/view/2914.

Setiawati, Wiwin, and Reni Dwi Puspitasari. “Arabic Language Learning Strategies in Increasing Learning Interest in Class VII Mufrodat Material at MTs Al Khairiyah Bandar Lampung.” International Journal Corner of Educational Research 2, no. 1 (2023): 31–40. https://doi.org/10.54012/ijcer.v2i1.188.

Soeparno. Alat Peraga Pendidikan. Jakarta: CV. Karya Mandiri, 1987.

Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Depok: Raja Grafindo, 1997.

Tantri, Ade Asih Susiari. “Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Dan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman.” ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan Dan Informasi 2, no. 1 (2016). https://doi.org/10.23887/ap.v2i1.10096.

Thuaimah, Rusydi Ahmad. Ta`līm Al-`Arabiyyah Li Ghair Al-Nāṭiqīn Bihā; Manāhijuhu Wa Asālībuhu. Maroko: Islamic World Educational, Scientific and Cultural Organization (ICESCO), 1989.

Tongco, Maria Dolores C. “Purposive Sampling as a Tool for Informant Selection.” Ethnobotany Research and Applications 5 (2007): 147–58. http://hdl.handle.net/10125/227.

Widayanti, Rizka. “Strategi Pembelajaran Ashwat Arabiyah Dan Mufradat.” AL-FURQAN 3, no. 2 (2016).

Yusuf, Muhammad, and Ismail Suardi Wekke. “Active Learning on Teaching Arabic for Special Purpose in Indonesian Pesantren.” Procedia-Social and Behavioral Sciences 191 (2015): 137–41. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.245.

Zubaidillah, Muh Haris, and Hasan Hasan. “Pengaruh Media Kartu Bergambar (Flash Card) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab.” Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 2, no. 1 (2019): 41–56. http://dx.doi.org/10.35931/am.v2i1.90.

Published
2024-04-30
How to Cite
Rosyad, M., Jannah, R., & Rondi, M. (2024). تأثير استخدام وسائل الإيضاح في استيعاب المفردات لدى الطلبة بمدرسة خزائن العلوم المتوسطة لامونجان. AL-MUARRIB JOURNAL OF ARABIC EDUCATION, 4(1), 27-39. https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v4i1.4174