Analisis Daya Beda Tes Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa SMA Mamba’ul Hikmah Paron Ngawi

  • Maziyyatul Muslimah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Amila Widiyanti
Keywords: Analisis Daya Pembeda, Soal Pilihan Ganda, Tes Bahasa Arab

Abstract

Kualitas butir soal pilihan ganda memiliki dampak signifikan pada evaluasi dan pengukuran pemahaman siswa terhadap materi pelajaran bahasa Arab. Dengan mengevaluasi kualitas butir soal, guru dapat mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dalam penyusunan soal, serta meningkatkan efektivitas proses pembelajaran secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas butir soal pilihan ganda pada pelajaran bahasa Arab di SMA Mamba’ul Hikmah Paron Ngawi. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, data yang diperoleh dalam bentuk angka dan dianalisis melalui statistik menggunakan aspek pengukuran, perhitungan rumus dan kepastian data numerik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan butir soal pilihan ganda pada pelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 10 butir soal pilihan ganda terdapat hasil sebagai berikut: 3 butir soal yang memiliki kriteria  sangat baik, yang menunjukkan bahwa soal dapat membedakan antara siswa yang memiliki kemampuan tinggi dengan siswa yang berkemampuan rendah. terdapat 1 soal yang memiliki kriteria baik. Ada 1 soal yang memiliki kriteria cukup. Dan terdapat 5 butir soal yang memiliki kriteria buruk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainin, M. (2016). Kesahihan Dalam Penyusunan Tes Bahasa Arab Di Madrasah/Sekolah. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 1(2).

Ambiya, I. Z., Mulyawan, S., & Saefuloh, H. (2022). Analisis Soal Ujian Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas 12 di Madrasah Aliyyah. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 11(1), 70-87.

Amelia, M. A.2017. Analisis Soal Tes Hasil Belajar High Order Thinking Skills (HOTs) Matematika Materi Pecahan Untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian, 20(2), Retrieved from http://ejournal.usd.ac.id/index.php/JP/article/viewFile/869/685

Amrullah, A. F., & Hum, S. (2021). Manajemen Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab. Prenada Media.

Arifianto, M. L., Ainin, M., Ahsanuddin, M., Irhamni, I., Fitria, N., Nikmah, K., & Anwar, M. S. (2021). Evaluasi Pembelajaran dan Pengembangan Tes Interaktif Bahasa Arab.

Fitriatun, A., & Sukanti.2016. Analisis Validitas, Reliabilitas dan Butir Soal Latihan Ujian Nasional Ekonomi Akuntansi di MAN Maguwaharjo. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(3).

Hanifah, N. 2014. Perbandingan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Butir Soal dan Reliabilitas Tes Bentuk Pilihan Ganda Biasa dan Pilihan Ganda Asosiasi Mata Pelajaran Ekonomi. SOSIO E-KONS, 6(1) https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v6i1.1715

Hajaroh, S. (2016). Perbandingan Reliabilitas Butir Soal Bahasa Arab Antara Pilihan Ganda dengan Menjodohkan pada Tes Buatan Guru. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 157-178.

Ida, F. F., & Musyarofah, A. (2021). Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis Butir Soal. AL-MU'ARRIB: JOURNAL OF ARABIC EDUCATION, 1(1), 34-44. https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v1i1.2100

Kamila, I. Z. (2022). EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENILAIAN AUTENTIK DI KELAS XI IPS MADRASAH ALIYAH AL AMIRIYYAH BLOKAGUNG BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2021-2022 (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSSALAM BLOKAGUNG BANYUWANGI).

Kusumawati, M., & Hadi, S. 2018. An analysis of Multiple Choice Questions (MCQs): Item and Test Statistics From Mathematics Assessments in Senior High School.Research and Evaluation in Education, 4(1). https://doi.org/10.21831/reid.v4i1.20202

Munip, A. (2017). Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: FITK UIN Sunan Kalijaga.

Nashrullah, M. (2021). Penggunaan Media Google Form Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab (Pilihan Ganda). Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 3(1), 30-40.

Pribadi, W. S. (2014). Mobile computer based test menggunakan metode item response theory untuk evaluasi pembelajaran Bahasa Arab (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar . Yogyakarta: Pustaka Belajar Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Rahmasari, D., & Ismiyati.2016. Analisis Butir Soal Mata Pelajaran Pengantar Administrasi perkantoran. Economic Education Analysis Journal, 5(1).

Rohman, F. (2014). Strategi Pengelolaan Komponen Pembelajaran Bahasa Arab. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 1(1), 63-78.

Rukajat, A. (2018). Teknik evaluasi pembelajaran. Deepublish.

Salmina, M. 2016. No Title. Analisis Soal Ujian Matematika,4(April 2017),37–47 Kadir, A. 2015. Menyusun Dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2)

Septiana, N. 2016. Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester (Uas) Biologi Tahun Pelajaran 2015/2016 Kelas X Dan Xi Pada Man Sampit. Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 4(2).

Sudjiono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidiksn, Jakarta: Rajawali Press, 2016.

Tanduklangi, A., & Amri, C. (2019). Manajemen Sumber Daya Pembelajaran Bahasa Berbantuan Komputer: Computer Assisted Language Learning. Deepublish.

Widodo, H. (2021). Evaluasi Pendidikan. UAD PRESS.

Yusrizal. 2016. Analysis of Difficulty Level of Physics National Examination’s Questions. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1.5803

Published
2023-09-12
How to Cite
Muslimah, M., & Widiyanti, A. (2023). Analisis Daya Beda Tes Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa SMA Mamba’ul Hikmah Paron Ngawi. Al-Mu’arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 67-77. https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v3i2.3594