Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Karya Rachmad Faisal

  • Suci Khaliza IAIN Palangka Raya
Keywords: Analysis

Abstract

Buku ajar berperan penting dalam menunjang keberhasilan proses pendidikan, untuk itu perlu memperhatikan kualitas buku ajar tersebut sebelum di berikan kepada peserta didik. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui kualitas kelayakan buku ajar bahasa Arab terbitan Tiga Serangkai sesuai kriteria BSNP dilihat dari kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan grafik. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan. Hasil penilaian per aspek yaitu kelayakan isi mendapatkan nilai 93,3 % kategori sangat layak, kelayakan penyajian mendapatkan nilai 67,3 % kategori layak, kelayakan bahasa mendapatkan nilai 91,4 % kategori sangat layak, kelayakan grafik mendapatkan nilai 97,7 % kategori sangat layak. Adapun hasil total keseluruhan penilaian kalayakan buku ajar bahasa Arab kelas VIII karya Rachmat Faisal mendapatkan nilai 85,26 dengan kategori sangat layak.

Textbooks play an important role in supporting the success of the educational process, for that it is necessary to pay attention to the quality of the textbooks before they are given to students. This study intends to determine the quality of the feasibility of Arabic textbooks published by the Triad according to the BSNP criteria in terms of content feasibility, presentation feasibility, language feasibility, and graphic feasibility. The method carried out in this study uses qualitative research, using a type of literature study research. The results of the assessment per aspect are the feasibility of the content getting a score of 93.3% of the category is very feasible, the feasibility of presentation gets a score of 67.3% of the category is feasible, the feasibility of the language gets a score of 91.4% of the category is very decent, the feasibility of the chart gets a score of 97.7% of the category is very feasible. The total result of the overall assessment of the class VIII Arabic textbook by Rachmat Faisal received a score of 85.26 with a very decent category.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albab, D. U. (2021). Analisis Buku Ajar bahasa Arab MI Kelas IV Kurikulum 2013 Terbitan Kemenag RI tahun 2020. Jurnal Al-Maqayis, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.18592/jams.v6i2.5217
Azhari, A. W. (2018). Analisis Buku Ajar bahasa Arab Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Terbitan karya Toha Putra. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v1i2.24360
Hamid, M. A., Hilmi, D., & Mustofa, M. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar bahasa Arab Berbasis Teori Belajar Konstruktivisme untuk Mahasiswa. Arabi : Journal of Arabic Studies, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.24865/ajas.v4i1.107
Hanifah, U. (2014). Pentingnya buku ajar yang berkualitas dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Arab. Jurnal At-Tajdid, 3(1), Article 1.
Jannah, R. (2016). Pengembangan Buku Ajar Tematik Bernuansa Islami untuk Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar Islam. Muallimuna, 2(1), 1–16.
Muhaiban, M. (2016). Penulisan Buku Ajar bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional bahasa Arab, 1(2), Article 2. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/65
Najib, V. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran bahasa Arab Berbasis Kurikulum 2013 untuk Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah. International Conference of Students on Arabic Language, 4(0), Article 0.
Nurdyansyah, N., & nahdliyah, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. http://eprints.umsida.ac.id/1607/
Pradita, M. R. (2018). Kelayakan Isi dan Bahasa Buku Ajar Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Penerbit Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan [Undergraduate, UNIMED]. http://digilib.unimed.ac.id/32245/
Ramah, S., & Rohman, M. (2018). Analisis Buku Ajar bahasa Arab Madrasah Aliyah Kurikulum 2013. Arabiyatuna : Jurnal bahasa Arab, 2(2), 141. https://doi.org/10.29240/jba.v2i2.552
Syagif, A. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter pada Buku Ajar bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah. FASHLUNA, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.47625/fashluna.v2i1.322
Zulfahmi, Muh Shofiyuddin M.Pd, Dr H. Subaidi M.Pd, & Aprilia Riyana Putri. (2021). Kisi-kisi praktis menulis buku ajar. UNISNU PRESS.
Published
2023-04-05
How to Cite
Khaliza, S. (2023). Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Karya Rachmad Faisal. Al-Mu’arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 1-12. https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v3i1.3258