ANALISIS GRAMATIKA ARAB TERKAIT IDHOFAH DALAM KITAB AL-QIRO'AH ARROSYIDAH JUZ 3

  • Linda Syariefah Ratna Universitas Darussalam Gontor
  • Abdul Hafidz Zaid Universitas Darussalam Gontor
Keywords: Analisis Gramatika Idhofah Qiro'ah Arrosyidah

Abstract

 

Idhofah adalah gabungan dari dua isim yang dapat menyebabkan salah satu isimnya dibaca jar. Idhofah memiliki beberapa kandungan makna dan juga memiliki 2 macam idhofah. Idhofah memiliki beberapa kandungan makna yaitu laamiyah (kepemilikan), makna min/bayaniyyah (terbuat/berasal dari). Dan terdapat 2 macam idhofah adalah idhofah ma'nawiyah dan idhofah lafdziyah. Dan penelitian ini memiliki beberapa tujuan yaitu untuk mendeskripsikan 1. Jenis idhofah yang terdapat dalam kitab al-qiro'ah arrosyidah juz 3, 2. Fungsi idhofah dalam kitab al-qiro'ah arrosyidah juz 3, 3. Fungsi idhofah yang terdapat dalam kitab al-qiro'ah arrosyidah juz 3. Dan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kepustakaan, data penelitian adalah idhofah yang terdapat dalam kitab al-qiro'ah arrosyidah juz 3, dan hasil penelitian ini adalah idhofah yang terdapat dalam kitab alqiro'ah arrosyidah juz 3 yang memiliki 221 data, yaitu 209 idhofah ma'nawiyah, dan 12 idhofah lafdziyah. Dan terdiri 126 idhofah laamiyah, dan 9 idhofah bayaniyah, dan 32 idhofah dzorfhiyah, dan 1 idhofah tasybihiyah.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Roji, Fatkhur, Muhammad Syaifullah, and Mohammad Izdiyan Muttaqin. "Analysis of Tarkib Idhofi in the Qur’an Surah Annisa’(Learning Nahwiyah)| Analisis Tarkib Idhofi dalam al-Qur’an Surat Annisa’(Pembelajaran Nahwiyah)." Mantiqu Tayr: Journal of Arabic Language 1.2 (2021)

Abdul kosim, "penggunaan media visual dalam pembelajaran mutholla'ah untuk meningkatkan keterampilan berbicara santri kelas VIII SMPIT Kharisma Darussalam", Kalamuna, 2.2. (2021)

Mufida, Dian Arifatul. الإضافة ومعانيها في سورة النمل. Diss. UIN Sunan Ampel Surabaya, 2019.

Azmi, Azza Aulia. Macam-macam idhafah dan maknanya dalam surah Ar-Rahman. Diss. UIN Sunan Ampel Surabaya, 2022.

Zulfah, Silvie Afifatuz. الإضافة ومعانيها في سورة يٰس (دراسة نحوية). Diss. UIN Sunan Ampel Surabaya, 2021.‎

Nabilah, Khiyazah. الإضافة في كتاب مختار الأحاديث النبوية الحكم المحمدية لأحمد الهاشمي. Diss. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2018.‎

SUSANTO, AGUS. IDHOFAH DAN MAKNANYA DALAM SURAH AL MULK. Diss. UIN Sunan Ampel Surabaya, 2009.

Hafsah, Lutfiah, and Shirly Amalia Hanum. "TARKIB IDHAFAH PADA AL-QUR'AN SURAT AL-QIYAMAH." semnasbama 5 (2021)

Anshori, Taufiq. "Kasus Genetif (Majrurot Al-Asma) Dalam Surat Yasin (Studi Analisis Sintaksis)." (2019)

Roji, Fatkhur. "Pembaharuan Nahwu menurut Shauqi Dhaif dan Ibrahim Musthafa." EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 9.1 (2020)

Fuadiyah, Rizka A'yuna, and Mirwan Akhmad Taufiq. "Analisis Kesalahan Teks Buku Pendidikan Bahasa Arab di Madrasah." An Nabighoh 22.02 (2020)

Mustika zed, metodologi penelitian kepustakaan (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008)

Arikunto, suharsimi, prosedur suatu pendekatan praktek (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1990)

Published
2022-10-07
How to Cite
Ratna, L., & Zaid, A. (2022). ANALISIS GRAMATIKA ARAB TERKAIT IDHOFAH DALAM KITAB AL-QIRO’AH ARROSYIDAH JUZ 3. Al-Mu’arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 82-103. https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v2i2.2715